Visi Misi dan Program Calon Bupati/Wakil Bupati Humbahas Maju Siregar SH MM/Drs Thomson Sihite MM (Obama-Thoms)


* Obama-Thoms Bukan Calon Pelengkap atau “Boneka”
* Gaya Baru…. Kampanye dari Desa ke Desa
* GAMKI Humbahas Dukung Obama-Thoms

Doloksanggul (SIB)
Pasangan calon Bupati Humbahas/Wakil Bupati Humbahas periode 2010-2015 Maju Siregar SH MM/Drs Thomson Sihite MM yang lebih tenar disebut “Obama-Thoms” dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Humbahas punya visi ingin “Menjadikan Kabupaten yang unggul di bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, kebudayaan dan pariwisata modern”.
Pasangan serasi yang juga putra daerah, muda, energik, professional dan berpengalaman ini punya tekad, keinginan dan keyakinan untuk mengabdi kepada masyarakat dalam mewujudkan visi, melaksanakan misi dan mencapai tujuan masyarakat Kabupaten Humbahas, Na-Gabe, Na-Mamora jala Na-Marhasangapon. Mewujudkan visi itu OBAMA-THOMS punya misi yang akan dilaksanakan oleh masyarakat dan Pemkab Humbahas yaitu mewujudkan kualitas dan kuantitas produk pertanian melalui ketersediaan sarana dan prasarasa industri dan pusat pertanian berbasis produk unggulan Kabupaten Humbahas. Mewujudkan kualitas sumber daya manusia di bidang pertanian, kesehatan, kebudayaan dan pariwisata modern melalui jalur pendidikan formal dan non formal. Mewujudkan masyarakat Humbahas yang sehat jasmani dan rohani. Mewujudkan kebudayaan dan pariwisata modern melalui kelestarian lingkungan hidup masyarakat Humbahas yang tertib, berkepribadian dan damai berbasis nilai-nilai budaya daerah.
Berdasarkan rumusan visi dan misi yang menjadi tujuan utama pembangunan di Humbahas lima tahun ke depan antara lain meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian melalui ketersediaan infrastruktur, penyuluhan dan teknologi pertanian. Meningkatkan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan dalam bidang pertanian, kesehatan, kebudayaan dan pariwisata modern. Meningkatkan ketersediaan dan kecukupan tenaga kependidikan professional di setiap lembaga pendidikan. Meningkatkan daya saing masyarakat dengan kesempatan berpendidikan yang lebih tinggi bagi generasi muda Humbahas. Mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat melalui pembukaan lapangan kerja berbasis industri kecil dan menengah di bidang pertanian dan pariwisata. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pendapatan perkapita penduduk melalui pengembangan industri pertanian, kerajinan tangan, industri rumah tangga dan pariwisata. Selain itu pasangan muda dan energik itu ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan gizi masyarakat dan pelayanan prima dibidang kesehatan. Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan. Mengembangkan daerah wisata alam dan budaya yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Mengembangkan industri berskala nasional dan internasional dalam penyediaan fasilitas dan jasa pelayanan di bidang pertanian, pendidikan dan kesehatan.
Kemudian pasangan nomor urut 3 (tiga) dalam Pemilukada 2010 di Humbahas ingin meningkatkan kelestarian lingkungan hidup dan hutan melalui pembinaan masyarakat dan pengusaha dalam perlindungan hutan. Menciptakan kerjasama kemitraan dengan stakeholder dan investor dalam bidang pertanian, pendidikan dan kesehatan, kebudayaan dan pariwisata. Menciptakan pemerintahan yang bersih dan akuntabel (good and clean government) dengan pemberian pelayanan prima kepada masyarakat. Meningkatkan kualitas system pengendalian internal pemerintahan dalam memberantas KKN.
ARAH KEBIJAKAN
Agar tujuan tercapai, maka ditetapkan 4 arah kebijakan yaitu peningkatan daya saing komoditi pertanian, peternakan, kehutanan dan pariwisata. Pemberdayaan lembaga-lembaga adat dan lembaga swadaya masyarakat dan kelompok-kelompok pembangunan. Peningkatan kualitas sumber daya manusia di sektor pelayanan masyarakat dan pendidikan. Peningkatan dana-dana pembangunan yang berasal dari APBD, Provinsi, APBN dan hibah luar negeri.
PROGRAM DAN KEGIATAN
Berdasarkan arah kebijakan ditetapkan program dan kegiatan antara lain:
1. Arah kebijakan “peningkatan daya saing komoditi pertanian, peternakan, kehutanan dan pariwisata. Program-programnya yaitu mengurangi dengan kegiatan menyediakan kredit tanpa bunga kepada koperasi, credit union, pengusaha kecil Rp 5 miliar/tahun. Membagikan bibit gratis kepada semua petani sesuai dengan komoditi dan kebutuhannya, 50.000 bibit kopi, 5000 bibit kemenyan, 10.000 Kg benih padi, 30.000 Kg benih jagung, 1000 ekor betina unggul babi, 500 ekor betina unggul kambing, 10.000 ekor bibit ikan mas, lele dan nila. Membagikan pupuk organic gratis kepada semua petani sesuai dengan kebutuhannya, 30.000 ton pupuk kandang. Membagikan alat-alat produksi pertanian secara gratis kepada petani sesuai dengan kebutuhannya, 100 mesin pengupas kopi, 100 traktor tangan dan 100 mesin pemipil jagung. Menempatkan penyuluh disetiap desa, 50 penyuluh berpendidikan S-1. Melestarikan hutan, melakukan penghijauan kembali dengan menanam 200.000 bibit pohon dan melarang pembalak-pembalak liar. Pengembangan objek daya tarik wisata Sipinsur, Bakkara dan Aek Sibundong. Pembangunan gedung pusat kebudayaan Batak di Bakkara. Pelayanan perizinan objek daya tarik wisata, rekreasi, hiburan, pagelaran dan pertunjukan. Promosi pariwisata di dalam dan di luar provinsi baik secara nasional maupun internasional. Melaksanakan wisata bahari di Kecamatan Baktiraja sekali setahun yang dirangkai pada hari jadi Kabupaten Humbang Hasundutan. Meningkatkan akses pasar dengan kegiatan membuka jalan-jalan usaha tani sehingga mudah dan dapat dilalui kendaraan bermotor dan membangun 1000 Km jalan usaha tani. Membangun pasar balairung pada setiap desa sebagai tempat transaksi dan untuk memudahkan pembeli melihat adanya produk pertanian siap dibeli: 50 balairung. Membuka daerah-daerah terisolir untuk terhubung dengan kabupaten-kabupaten lain sebagai daerah pasar, membuka jalan tembus ke Pakpak Bharat. Memfasilitasi pengusaha susu kuda untuk membangun pabrik pengolahan susu segar kuda untuk diekspor keluar Humbahas dan keluar negeri seperti Singapura. Karena susu segar kuda diyakini sebagai obat kanker. Memfasilitasi pengusaha lokal dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) untuk membuka perdagangan langsung seperti kemenyan ke Jawa dan ke luar negeri. Membangun secara lengkap sarana olahraga seperti stadion pacuan kuda untuk meningkatkan pariwisata yang berdaya saing.
2. Arah kebijakan pemberdayaan lembaga-lembaga adapt dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat dan kelompok-kelompok pembangunan dengan program meningkatkan apresiasi budaya. Dengan kegiatan membangun gedung serbaguna budaya ditingkat kabupaten dan ibukota kecamatan dengan perincian 1 ditingkat kabupaten dan 5 ditingkat kecamatan. Melaksanakan pekan budaya ditingkat kabupaten dan ditingkat kecamatan sekali dalam kurun waktu 1 tahun. Program lain meningkatkan peranan lembaga-lembaga dapat dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat dan kelompok-kelompok pembangunan yaitu memfasilitasi kantor dalam kegiatan lembaga-lembaga adat dan lembaga swadaya masyarakat dan kelompok-kelompok pembangunan, Rp 2-5 juta/lembaga atau kelompok. Memfasilitasi musyawarah tahunan antara lembaga-lembaga adapt dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat dan kelompok-kelompok pembangunan Rp 25 juta.
3. Arah kebijakan peningkatan kualitas sumber daya manusia disektor pelayanan masyarakat dan pendidikan dengan program meningkatkan kesehatan masyarakat. Dengan kegiatan membangun Puskesmas Pembantu pada setiap kelurahan, 50 Puskesmas Pembantu. Memfasilitasi kebutuhan operasional Posyandu pada setiap desa dengan memberikan penghargaan kepada pengurus Posyandu Rp 500.000/tahun. Menyediakan obat-obat generic gratis bagi kurang mampu Rp 100.000/tahun. Memberikan beasiswa kepada dokter Puskesmas untuk mengambil spesialisasi dengan perjanjian dokter tersebut akan mengabdi kembali di Puskesmas tersebut. Dengan jumlah dokter sebanyak 5 orang. Memberikan beasiswa kepada perawat-perawat untuk mengambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi, 20 orang ke D-3 dan 30 orang ke S-1. Dalam meningkatkan pendidikan dilakukan kegiatan memberikan bantuan kepada guru-guru untuk meningkatkan kesejahteraannya Rp 1,5 juta/orang untuk 1 tahun. Memberikan beasiswa pendidikan S-1 bagi 100 orang guru dan beasiswa S-2 bagi 20 orang guru. Memfasilitasi peningkatan kualitas guru sehingga dapat lulus sertifikasi guru, memberikan dana penelitian tindakan kelas 250 orang guru. Memberikan beasiswa bagi 10.000 siswa dari keluarga kurang mampu. Membangun SD dan SMP pada daerah terisolasi dan tertinggal, 5 SD dan 2 SMP. Menambah jumlah dan jenis SMK di antaranya 1 SMK terpadu. Melengkapi fasilitas laboratorium dana alat peraga pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Menyediakan bimbingan masuk perguruan tinggi bagi siswa-siswi sekolah menengah, 2.000 siswa kelas 3. Kemudian pelayanan masyarakat dengan kegiatan menggratiskan biaya KTP. Memberikan beasiswa kepada 50 orang PNS untuk pendidikan S-1 dan 20 PNS untuk S-2 sesuai dengan bidang-bidang strategis dan prioritas. Memberikan honor kepada Kepala Desa, Aparat Desa dan Dewan Pertimbangan Desa (Rp 1.000.000-2.000.000)/orang. Memberikan alat-alat pengeras suara kepada setiap Gereja, Mesjid dan rumah ibadah lainnya (Rp 2 miliar).
4. Arah kebijakan peningkatan dana-dana pembangunan berasal dari APBD, Provinsi, APBD dan hibah luar negeri dengan program meningkatkan kemampuan PNS dalam perencanaan dengan kegiatan melatih PNS dalam menyusun proposal bermutu dan meningkatkan fungsi musrenbang. Program lain meningkatkan kemitraan dengan organisasi kemasyarakatan dan perguruan tinggi dengan kegiatan melakukan pertemuan yang bersifat advokasi dengan organisasi kemasyarakatan dan melaksanakan kerjasama dengan perguruan tinggi dalam mencari dana hibah.
Pembangunan sektor lainnya seperti hukum, pemerintahan, sosial, lingkungan hidup dan kecamatan dilaksanakan sebagai penguatan terhadap pembangunan sektor prioritas utama tersebut. Bersatu untuk maju……. maju untuk perubahan.
OBAMA-THOMS BUKAN CALON BONEKA
Calon Wakil Bupati Humbahas Drs Thomson Sihite MM didampingi tim suksesnya dalam suatu pertemuan di Desa Siponjot Kecamatan Lintongnihuta Humbahas menegaskan bahwa pasangan Obama-Thoms ikut sebagai kandidat di Pemilukada 2010 bukan sebagai pelengkap atau “Boneka”. “Ini perlu kami tegaskan dan diluruskan, bahwa kami ikut sebagai Calon Bupati/Wakil Bupati Humbahas periode 2010-2015 bukan boneka. Berdosa kami kalau kami dikatakan sebagai calon boneka. Kami ikut murni dari hati nurani dan ingin memajukan Humbang Hasundutan sebagai kampung kita,” tegas Thomson Sihite disambut tepuk tangan. Pernyataan itu ditegaskan Thomson Sihite menjawab pertanyaan masyarakat dalam pertemuan karena pasangan Obama-Thoms dikatakan sebagai boneka.
Dalam menawarkan visi misi dan program kerja, pasangan Obama-Thoms punya gaya baru dalam kampanye. Dimana dalam kampanye itu langsung menjumpai dan bertatap muka dengan masyarakat dari desa ke desa. Hal itu dilakukan untuk mengetahui situasi dan perkembangan serta apa-apa saja yang perlu kepada masyarakat. Kedatangan kandidat itupun disambut antusias warga dan duduk bersama-sama ditikar sambil berdialog.
GAMKI HUMBAHAS DUKUNG OBAMA-THOMS
GAMKI (Gerakan Angkatan Muda Kristen) Humbahas dukung pasangan Obama-Thoms dalam Pemilukada 2010 di Humbahas. Dukungan itu disampaikan GAMKI dalam dialog pemuda Humbahas refleksi tujuh tahun Kabupaten Humbang Hasundutan dirangkai dengan pelantikan pengurus PAC GAMKI se-Humbahas, Jumat (28/5) di Doloksanggul. Sebagai pembicara dalam dialog itu Ketua GAMKI Humbahas Posma Simanullang SH, Calon Bupati Humbahas Maju Siregar SH MM dan Calon Wakil Bupati Humbahas Drs Thomson Sihite MM sedangkan moderator Ramsiana Gultom.
Maju Siregar SH MM dalam makalahnya menjelaskan peranan pemuda dalam pembangunan sebagai tonggak bangsa, kemitraan pemuda, kreatifitas pemuda, harkat pemuda dan hubungan pemuda dengan organisasi kepemudaan. Maju juga menekankan adanya hubungan yang tidak terpisahkan antara pemuda dengan pemerintahan, di mana hubungan tersebut menggambarkan hubungan antara bapak dengan anak. Bapak akan menjadi teladan dan anak akan menjadi cerminan dari keteladanan tersebut. “Pemerintahan tidak akan berjalan dengan baik jika pemudanya tidak terorganisir dengan baik, pemuda bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintahan, karenanya jika kami terpilih jadi Bupati dan wakil Bupati, maka pemuda akan saya rangkul dan diberdayakan melalui kerjasama dengan organsasi kepemudaan,” kata Maju Siregar. (T10/y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s