Hasil Sementara Pilkada 4 Daerah di Sumut Relatif Aman


Medan (SIB)
Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tiga kabupaten, dan satu kota di Sumatera Utara, Rabu (9/6), berlangsung relatif aman. Sampai pukul 18.30, laporan hasil penghitungan sementara Desk Pilkada Sumut dari Desk Pilkada di empat daerah itu menunjukkan, pasangan Drs Maddin Sihombing-Drs Marganti Manulang unggul sementara 61 persen, dengan 43.036 suara pada Pilkada Humbang Hasundutan.
Posisi kedua pada Pilkada Humbahas yang diikuti tiga kandidat itu adalah pasangan Maju Siregar-Thomson Sihite sebesar 37 persen, dengan 26.270 suara, serta tempat ketiga pasangan Esra Sinaga-Mardis Simanulang, satu persen dengan 966 suara.
Ketua Desk Pilkada Sumut, RE Nainggolan melalui Sekretaris Desk Pilkada Sumut, Bukit Tambunan berharap, pelaksanaan pilkada di empat daerah itu bisa berjalan lancar, aman, dan tertib.
“Mudah-mudahan pelaksanaan pilkada di empat daerah itu tidak memunculkan benturan, dan ini diharapkan bisa terus dipertahankan, karena setiap pasangan calon sudah berkomitmen siap menang-siap kalah,” ucap Tambunan.
Hasil sementara Pilkada Kota Pematang Siantar yang diikuti 10 kandidat, pasangan Hulman Sitorus-Koni Siregar, untuk sementara unggul ditempat pertama dengan perolehan 18.513 suara (31,52 persen). Sedangkan pasangan incumben RE Siahaan-Burman Saragih berada di posisi kedua dengan perolehan 16.076 suara (27,37 persen), serta tempat ketiga diisi pasangan Borkatsah-Boundeth Damanik dengan perolehan 6.992 suara (11,90 persen).
Demikian juga hasil sementara Pilkada Kabupaten Samosir yang diikuti 7 kandidat, pasangan Ir Mangindar Simbolon-Mangadap Sinaga mengumpulkan 24.031 suara (37,56 persen), disusul pasangan Ober P Sinaga-Tigor Simbolon sebanyak 20.304 suara (31,73 persen), dan tempat ketiga pasangan Martua Sitanggang-Mangiring Tanggi 8.089 suara (12,64 persen).
Untuk hasil sementara Pilkada Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang juga diikuti 7 kandidat, pasangan HM Hidayat Batubara SE-Drs Hasan Nasution mengumpul 42.082 suara (46,8 persen), disusul pasangan H Indra Porkas Lubis-H Firdaus Nasution sebanyak 15.697 suara (17,5 persen), dan tempat ketiga pasangan DR Arsyad Lubis-Azwar Indra Nasution sebanyak 13.090 suara (14,6 persen).
Di sela-sela kesibukan mencek data suara sementara yang masuk dari empat Desk Pilkada di daerah, Tambunan berharap Pilkada berikutnya bisa berlangsung aman. Selain itu, kepada Tim Sukses pasangan calon, juga diminta untuk menahan diri, sembari menunggu hasil penghitungan suara sah oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.
Menurut Tambunan, siapapun kandidat yang memenangkan Pilkada di empat daerah ini, termasuk Pilkada di daerah lainnya, tujuannya hanya tiga. Yakni meningkatkan kesejahteraan warga, meningkatkan pelayanan publik yang lebih prima, dan meningkatkan daya saing daerah sesuai tujuan otonomi daerah.
“Walau visi misi berbeda, tujuaan hanya tiga. Karena kita berharap dan mengimbau seluruh pihak untuk tetap menjaga kondusifitas daerah. Karena daerah kondusif akan bisa mempercepat roda pembangunan,” katanya. (M3/g)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s