Kejari Tarutung Tetapkan Berkas Perkara Dua Anggota KPU Humbahas P 21


Tarutung (SIB)
Kejaksaan Negeri (Kejari) Tarutung menetapkan berkas perkara dugaan pemalsuan data dua anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Humbang Hasundutan (Humbahas) atas nama Kosmas Manalu SE dan Pdt Agus SB Manullang ST sudah P21, atau sudah lengkap.
Demikian diungkapkan Kajari Tarutung melalui Kasi Intel Marcos Simaremare SH MH, kepada wartawan di Tarutung.
Sekaitan penetapan P21 atas berkas perkara tersebut, maka Kejari Tarutung memberitahu penyidik Polres Humbahas agar kelengkapan berkas perkara dan kedua tersangka diserahkan ke Kejaksaan Tarutung. “ Surat pemberitahuan P21-nya sudah disampaikan ke penyidik Polres Humbahas, kemarin,” ujar Marcos.
Diterangkannya, proses penyelidikan dugaan pemalsuan data kedua anggaota KPU Humbahas tersebut yakni Kosmas Manalu SH (Ketua KPU Humbahas) dan Pdt Agus SB Manullang ST dilakukan pihak Kejaksaan dengan berkoordinasi bersama penyidik Polres Humbahas.
Kedua anggota KPU tersebut diduga memalsukan data kependudukannya dalam mengikuti seleksi penerimaan anggota KPU Humbahas. Kepastian penetapan P21 atas berkas perkara itu dilakukan Kejari Tarutung setelah menemukan bukti-bukti yang cukup.
Walau telah ditetapkan berkasnya P21 sejak Selasa (14/6), namun Marcos mengatakan bahwa pihak Kejaksaan belum melakukan penahanan kepada kedua tersangka. Hak itu katanya baru dilakukan setelah melihat perkembangan dan pertimbangan hukum nantinya.
“Jika diperlukan penahanan, maka akan dilakukan penahanan. Nanti akan dilihat pertimbangan yuridisnya. Apalagi situasi di Humbahas saat ini baru selesai malaksanakan Pemilukada,” terangnya.
Perlu diketahui bahwa, beberapa waktu lalu puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Mahasiswa Peduli Humbahas menyampaikan aspirasinya dengan mendatangi Kantor Kejari Tarutung di jalan Raja Johannes Tarutung. (PR3/g)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s