Maju-Thoms akan Menggugat ke MK


Dolok Sanggul, BATAKPOS

Pasangan Drs Maddin Sihombing, Msi-Drs Marganti Manullang ditetapkan KPU Humbang Hasundutan (Humbahas) sebagai  Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pemilukada Humbang Hasundutan setelah memperoleh suara sah 43. 894,60, atau sebesar 86 %.  Sementara pasangan Maju Siregar-Thomson Sihite akan menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Sementara pasangan nomor urut dua pasangan Esra Sinaga-Hardis Simanullang hanya memperoleh suara sebesar 1,33 %, sedangkan pasangan nomor urut tiga yakni Maju Siregar-Thomson Sihite harus puas menduduki posisi kedua dengan jumlah perolehan suara sebesar 27.272 atau sebesar 37,81 %.

Pleno penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, langsung dipimpin oleh kelima komisioner KIPU Humbahas  dan hasilnya juga ditandatangani kelima komisioner KPU tersebut.

KPU Humbahas menetapkan pasangan  Drs Maddin Sihombing MSi dan Marganti Manullang sebagai bupati terpilih berdasarkan Keputusan KPU Humbahas Nomo : 30/KEP/KPU-HH/VI/2010 tentang penetapan pasangan calon terpilih pada Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan 2010.

Rapat pleno terbuka tersebut juga dihadiri Sekdakab Humbahas Martuaman Silalahi, Kasi Intel Kejari Tarutung Marcos Simaremare SH MHum. Kapolres Humbahas AKBP Surya Sofyan Hadi SH, Dandim 0210 TU Letkol Arh Ramses Lumban Tobing, Kabag Hukor Sumurung Rajagukguk, Kabag Tapem Madden Sihombing dan masing masing saksi dari ketiga pasangan calon.

Ketua KPU Humbahas Kosmas Manalu usai membacakan berita acara perolehan suara dan penetapan mengatakan, bagi setiap calon lainnya yang merasa dirugikan berhak melakukan gugatan ke MK mulai 21-23 Juni 2010. “Jika ada pasangan lain yang merasa dirugikan, maka ada waktu untuk melakukan gugatan ke MK,” ujar Kosmas.

Charles Pasaribu, saksi dari pasangan nomor tiga yang hadir dalam rapat pleno penetapan tersebut kepada BATAKPOS, mengatakan bahwa pasangan  nomor urut tiga akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

 Dasar gugatan tersebut adalah adanya temuan penggelembungan suara yang ditemukan pasangan Obama-Thoms sekitar 15 ribu suara.

Selain itu, adanya perhitungan di PPK yang disinyalir merugikan pasangan nomor urut tiga karena tidak tersosialisasinya instruksi KPU Pusat terkait suara sah untuk coblos tembus sehingga jumlah suara batal berkisar delapan ribu suara.

“Kita akan mendaftar ke MK. Saksi kita di PPK tidak menandatangi berita acara rekapitulasi dan saksi menolak hasilnya . Jadi kita sampai hari ini masih menolak hasil penetapan bupati terpilih ini,” ujar Charles. hit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s