Kasus Korban Penikaman Terkesan ‘Dimainkan’


Pelecehan Terhadap Pers Kembali Terjadi

Pakkat, BATAKPOS

Ternyata menjadi kuli tinta, sangat berat tantangannya. Pasalnya, saat hendak menyoroti persoalan dana alokasi khusus (DAK)  dalam pembangunan sekolah dasar di Desa Tukka Dolok Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan, seorang wartawan yang sehari-hari bertugas di Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan, Amrin Hasugian (46), penduduk Dusun Sosorgadong Desa Pakkat Hauagong, telah menjadi korban penikaman.

Anehnya, Amrin yang menjadi korban penikaman itu terkesan ‘dimainkan’ oleh pihak kepolisian, jaksa dan hakim. 

Amrin tidak mengetahui sama sekali, terdakwa yang diadukannya bernama Maojahan Silaban yang mantan Kepala Pos Kecamatan Pakkat dihukum berapa tahun penjara. Yang anehnya lagi, hingga dilaporkan ke polisi dan sampai ke tangan jaksa maupun sesudah putusan pengadilan, terdakwa tak kunjung ditahan.

Menurut Amrin kepada BATAKPOS, Rabu (7/7), awalnya kejadian itu ketika dirinya hendak menyoroti adanya pembangunan sekolah dasar yang bergulir dananya dari DAK pada  4 Agustus 2009 yang lalu. 

Menurutnya, ia ditikam terdakwa yang dilaporkannya dengan pisau. Tapi pisau itu patah. Namun, ia tetap mengalami luka tikam di tangan sebelah kiri.     

Pada  19 Oktober 2009, Amrin mendapat surat panggilan dari Kejaksaan Negeri Tarutung yang ditandatangani JPU Disman Gurning, SH yang memintanya hadir pada sidang perdana kasusnya di Pengadilan Negeri Tarutung. Tapi majelis hakim memutuskan sidang ditunda.

Ironisnya, tiba-tiba saja tanpa sepengetahuannya (korban-red) sidang kasusnya itu sudah diputus. Amrin tidak tahu terdakwa dikenai hukuman berapa tahun penjara.

Ketika hal ini hendak dikonfirmasi BATAKPOS bersama-sama dengan korban, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Disman Gurning, SH di ruang kerjanya, Rabu (7/7) sempat mengelak. Ia  mengarahkan agar ke humas saja minta konfirmasinya.

Disman akhirnya mengakui, bahwa kasus ini lagi menunggu hasil putusan banding. Persoalannya majelis hakim hanya menghukum terdakwa 6 bulan penjara dengan masa percobaan 1 tahun. ck13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s