HUT Ke-7 Humbahas Diperingati Sederhana


Dolok Sanggul, BATAKPOS

Dengan dana Rp 200 juta yang tertampung di APBD Tahun Anggaran 2010, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-7 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas)   yang jatuh pada 28 Juli ini akan dilaksanakan secara sederhana. Miskin kegiatan dipastikan oleh pihak panitia dalam menyambut HUT kali ini.

Demikian diungkapkan Kepala Bagian Tata Ruang dan Pemerintahan Makden Sihombing selaku sekretaris panitia HUT ke-7 kepada wartawan, baru baru ini di ruang kerjanya. “Kegiatan kita, tidak terlalu banyak dilaksanakan, tapi perayaan HUT akan dilaksanakan secara khikmad dan sederhana,” terang Makden.

Menurutnya, kegiatan yang akan berlangsung secara sederhana ini berupa kegiatan paduan suara yang dibawa oleh para lansia (lanjut usia) dan lomba tortor batak yang diikuti antar pelajar setingkat SMP dan SMA. Serta, lanjutnya, kegiatan lomba bersih kantor dan taman serta senam massal yang diikuti seluruh jajaran Pemkab Humbahas ini.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Humbang Hasundutan No 131 Tahun 2010.”Cuma itu kegiatan yang kita rencanakan, kalau pameran pembangunan tidak ada seraya dikatakannya semua pemenang lomba kegiatan akan diumumkan saat puncak acara l 7 Juli di halaman Kantor Bupati Humbahas di Bukit Inspirasi,” terang Makden.

Namun demikian, Makden selaku sekretaris kepanitian HUT tidak menjelaskan bentuk hadiah yang akan diberikan kepada para pemenang lomba tersebut.

Sementara itu, menanggapi kegiatan HUT tersebut, salah tokoh pemuda asal Lintongnihuta, Leo Sihombing kepada wartawan, Selasa (13/7) via telepon mengungkapkan, dengan dana Rp200 juta selayaknya kegiatan parayaan dalam rangka memperingati HUT Ke-7 Kabupaten Humbahas dapat lebih banyak lagi. Menurutntya, dengan dana seperti itu, pemerintah harus serius matang-matang untuk mempergunakan aliran dana itu.

Persoalannya, katanya, dana itu merupakan diambil dari APBD sendiri.”Jadi harus benar-benar dana itu diperuntuhkan ke acara memperingati harinya Kabupaten Humbahas ini,”tegasnya.

Pantauan sejumlah wartawan di sejumlah kecamatan, terlihat ibu-ibu lanjut usia kini tengah sibuk mempersiapkan diri latihan tari poco poco dan latihan koor. Yang anehnya, salah satu warga di Desa Sigumpol, Kecamatan Lintongnihuta, Op Saulina br Sihombing (75) yang ikut lomba acara HUT tersebut kepada wartawan mengatakan, bahwa selama latihan tidak ada dana bantuan dari Pemkab.”Dang adong hepeng na, hami do marpungu masi kopi laho latihan (gak ada uangnya, kami kumpul uang untuk beli kopi mau latihan,” papar Op Saulina. ck13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s