Lima Jagoan Golkar Kalah di Pilkada Sumut


Oleh: Zulifkar Abubakar

Lima dari 19 pasang jagoan Partai Golongan Karya (Golkar) Sumatera Utara yang mengikuti Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak di daerah itu, dipastikan sudah kalah. Sementara, dua pasangan kader Golkar lainnya, yakni pada Pilkada Tebing Tinggi, dan Mandailing Natal, masih akan bertarung kembali setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan pilkada ulang di dua daerah itu.

Ketua DPD Golkar Sumut Syamsul Arifin di Medan, Selasa (13/7) mengaku, dari 19 kader yang ikut pilkada serentak Sumut itu, empat di antara sudah kalah. “Sudah lima kader yang gagal dalam pilkada. Itu artinya, target 60 persen yang dibebankan kepada 19 kader, masih berpeluang untuk diraih, mengingat masih ada sejumlah Pilkada yang belum digelar,” ucap Syamsul.

Menurut Syamsul yang juga Gubernur Sumut, dan Penjabat Wali Kota Medan itu, dinamika politik yang sudah semakin membaik di masyarakat saat ini, mengharuskan seluruh fungsionaris partai mulai pusat, provinsi, hingga daerah harus memantapkan kondolidasi internal, dan eksternal. “Ini harus jadi perhatian bila ingin Golkar kembali berjaya,” tegas Syamsul. 

Adapun lima jagoan Golkar Sumut yang gagal itu masing-masing Meriza Syahputra-Horas Silitonga (Pilkada Pematang Siantar), Ober Sihol Silitonga-Rosinta Sitanggang (Pilkada Samosir), Tonggo Napitupulu-Reiward Simanjuntak (Pilkada Toba Samosir), Dhani Setiawan Isma-Muetya Hafid (Pilkada Binjai), dan Aldina-Trisno (Pilkada Labuhanbatu).

Sedangkan dua jagoan Golkar yang kembali harus bertarung dalam Pilkada, setelah MK memutuskan Pilkada ulang, yakni Syafri Chap-Hafas Fadhillah pada Pilkada Tebing Tinggi, dan Arsyad Lubis-Azwar Indra Nasution pada Pilkada Mandailing Natal.

Sementara, jagoan Golkar Sumut yang sudah memenangkan Pilkada serentak, yakni Dzulmi Eldin (wakil wali kota) pada Pilkada Medan yang berpasangan dengan Rahudman Harahap dari Partai Demokrat. 

Kemudian H Soekirman (wakil bupati) pada Pilkada Serdang Bedagai yang berpasangan dengan HT Erry Nuradi dari PDIP, Remigo Yolanda Berutu-Maju Ilyas Padang pada Pilkada Pakpak Bharat, Maddin Sihombing-Marganti Manulang pada Pilkada Humbang Hasundutan, Afifi Lubis-Halomoan P Hutagalung (Pilkada Sibolga), Syahrul Pasaribu-Aldinz Rapolo Siregar (Pilkada Tapsel), dan Taufan Gama Simatupang-Surya (Pilkada Asahan).

Di luar ini, masih ada lima jagoan Golkar Sumut yang belum mengikuti Pilkada. Yakni Zulkarnain Damanik-Mariaman Saragih (Pilkada Simalungun), Daudsyah-Edy Susanto Ritonga (Pilkada Labuhanbatu Utara), Thamrin Munthe-Rolel Harahap (Pilkada Tanjung Balai), Nabari Ginting-Paulus Sitepu (Pilkada Karo), dan Sudarwanto-Weldy Ritonga (Pilkada Labuhanbatu Selatan).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s