Menteri Kehutanan: Keindahan Danau Toba Tidak Sempurna Karena Hutannya Rusak Parah


Hutagingjang, Taput (SIB)
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan keindahan alam Danau Toba saat ini tidak lagi sempurna karena kawasan hutan di sekelilingnya sudah rusak parah. Menteri mengaku sangat prihatin melihat kerusakan hutan di kawasan Danau Toba tersebut.
Hal itu disampaikan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam pertemuan tatap muka dengan unsur pinpinan daerah dan masyarakat Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan daerah sekitar Danau Toba, Jumat (16/7) di Hutaginjang, Kecamatan Muara Tapanuli Utara.
“Tadi sebelum mendarat, kami amati dari atas bahwa ternyata hutan kawasan Danau Toba ini sudah sangat rusak,” ujarnya.
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan datang ke Hutaginjang bersama Menteri Pemuda Olahraga Andi Malaranggeng, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, DR TB Silalahi, Wakil Seskab Lambok Nahattan Simorangkir, Sekdaprovsu DR RE Nainggolan, Kadis Kehutanan Sumut Ir JB Siringoringo dalam rangkaian kunjungan kerja ke kawasan Tapanuli.
Kehadiran para menteri tersebut disambut hangat Bupati Taput Torang Lumbantobing dan istri Elly br Manalu, Sekdakab Drs Sanggam Hutagalung MM, Ketua DPRD FL Fernando Simanjuntak SH MH, Wakil Bupati Taput Bangkit P Silaban SE, unsur pimpinan daerah lainnya bersama tokoh masyarakat Tapanuli Utara dan Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing dan istri br Napitupulu.
Khususnya penyambutan kepada Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dilakukan dengan pemberian seperangkat pakaian adat kebesaran masyarakat Batak oleh tokoh masyarakat.
Usai menerima seperangkat pakaian adat Batak tersebut, Zulkifli Hasan mengungkapkan kebahagiaan atas penyambutan masyarakat Tapanuli Utara. Namun katanya kebahagiaan tidak didukung oleh keindahan Danau Toba, karena kawasan hutan yang ada di kawasan Danau Toba sudah sangat rusak.
“Kebahagiaan kita hari ini kurang lengkap karena kawasan hutan di Danau Toba telah rusak”, tandas Zulkifli. Untuk itu dihimbaunya semua pihak untuk tidak berpangku tangan, tetapi harus bergandeng tangan bersama-sama mengembalikan hijaunya kawasan Danau Toba. Menurut Menteri Kehutanan, salah satu yang pasti untuk mengembalikan hijaunya kawasan Danau Toba, perlu dilakukan rehabilitasi besar-besaran dengan melakukan penananam bibit tanaman. Mendukung rehabilitasi ini, Menteri Kehutanan berjanji akan membangun satu balai pembibitan modern di sekitar Danau Toba. “Kita akan bangun sebuah balai pembibitan modern dengan berbagai jenis bibit pohon seperti suren, dan jabon yang dalam waktu lima tahun sudah boleh panen,” sebut Menteri. Langkah awal mengembalikan keindahan kawasan Danau Toba seperti sedia kala, Menteri meminta semua masyarakat di kawasan Danau Toba melakukan penanaman pohon karena sudah menjadi tanggungjawab semua pihak. “Itu adalah titah ( perintah –red) saya” tandas Menhut.
“Benar apa yang disampaikan, Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing, bahwa alam Bonapasogit yang dihiasi Danau Toba, adalah anugerah Tuhan. Tentu sebagai orang yang beriman anugerah ini harus kita syukuri dan sebagai bentuk syukur kita masing-masing harus memiliki kepedulian dengan melakukan penanaman pohon,” tegasnya. Zulkifli Hasan mengakui Danau Toba bukan asing baginya sebab 24 tahun lalu bersama istrinya berbulan madu justru ke Parapat (Danau Toba). “Ketika itu sungguh menawan dan hijau, tidak seperti sekarang,” kenangnya.
Sebelumnya, Bupati Taput Torang Lumbantobing dalam sambutan singkat menyampaikan selamat datang kepada ketiga menteri. Bupati menginformasikan kondisi daerah Tapanuli Utara.
Kepada Menteri Pemuda dan Olah Raga dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata diucapkan terimakasih atas perhatiannya dalam pembangunan sarana prasarana di kawasan objek wisata Hutaginjang, yang menjadi lokasi penyambutan ketiga menteri saat ini. Di objek wisata Hutaginjang, Pemkab dan masyarakat Tapanuli Utara juga menyerahkan cendramata berupa ulos kepada Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, Menpora Andi Mallarangeng, Waseskab Lambok Nahattan Simorangkir, Kedutaan Singapura Mr Mike Kuek, Anggota DPR RI Milton Pakpahan, Sekda Provsu DR RE Nainggolan, dan kepada rombongan pengusaha dari Singapura masing-masing Mr Gunawan, Mrs Anjuk, Ms.Chew, Mrs Ong/Lay Teng dan pengusaha Tommy Winata.(PR3/ r)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s