Pemkab Humbahas Gagal Bongkar 1 Rumah di Jalan Maduma II Doloksanggul


* Karena Pemilik Rumah Pesta Pernikahan Anaknya

Doloksanggul (SIB)
Pemkab Humbahas gagal membongkar 1 unit rumah yang sedang dalam tahap pembangunan milik Eginta Br Purba di Jalan Maduma II Kelurahan Doloksanggul Kecamatan Doloksanggul, Kamis (15/7), karena pemilik rumah mengadakan pesta pernikahan anaknya.
Sekitar pukul 16.00 WIB tim pembongkaran dari Pemkab Humbahas yang dihadiri Asisten I Drs Onggung Silaban, Kadis Tarukim Ir R Simamora, Kakan Kesbang dan Tibum MPR Manullang SH, Kapolsek Doloksanggul AKP Junaidi, Camat Doloksanggul RJ Simamora SIP dan lainnya tiba di lokasi pembongkaran lengkap alat berat milik Pemkab Humbahas. Kakan Kesbang dan Tibum MPR Manullang membacakan surat keputusan Bupati Humbahas nomor 134/2010 tentang pembongkaran 1 unit rumah di Jalan Maduma II Doloksanggul yang ditandatangani Wakil Bupati Drs Marganti Manullang tertanggal 13 Juli 2010.
Dasar pembongkaran karena dalam mendirikan rumah tidak memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Begitu siap dibacakan, keluarga Eginta Br Purba meminta kepada Pemkab Humbahas supaya pembongkaran jangan dilaksanakan karena pemilik rumah sedang berpesta pemberkatan pernikahan anaknya. “Kami keluarga dari Simatupang minta maaf supaya pembongkaran ditunda karena sedang berpesta. Kami tidak melawan Pemkab Humbahas,” ujar pihak keluarga mengaku Simatupang.
Permintaan itu disepakati dan keluarga Eginta Br Purba membuat surat pernyataan di Kantor Kesbang dan Tibum. Sampai berita ini dikirim ke redaksi, belum diketahui kapan pembongkaran dilanjutkan. Atau pemilik rumah membongkar sendiri. Pengamatan SIB di lapangan, di lokasi itu ada 2 plakat bertuliskan pertama Tanah ini milik Eginta Br Purba no sertifikat 118 Keputusan Pengadilan 01/Pid.c/2010/PN.Trg. Kedua bertuliskan dilarang mendirikan bangunan di lokasi ini sebelum ada IMB sesuai dengan Perda nomor II/2005, Kantor Kesbang dan Tibum Kabupaten Humbang Hasundutan. Menurut cerita masyarakat, tanah tersebut dibeli tahun 1975 dan dipersil tahun 1976. Pemilik rumah sudah mengurus IMB ke Pemkab Humbahas tapi tidak dikeluarkan karena dikabarkan pembangunan rumah di jalur hijau. (T10/u)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s