Bupati Taput Berangkatkan Ekspor Perdana Ubi dan Lobak ke Jepang


BERANGKATKAN: Bupati Taput Torang Lumbantobing memecahkan guci ke mobil konteiner pembawa ekspor perdana ubi dan lobak dalam bentuk makanan siap saji yang dilakukan PT Toba Agro Mandiri. Pemberangkatan itu disaksikan Kapolres Taput AKBP J Didiek DP, Dandim 0210/TU Letkol Arh Ramses Tobing, Pimpinan Toba Agro Mandiri Richard Rianto, Sekdakab Taput Drs Sanggam Hutagalung MM, Ketua PN Tarutung Gosen Butarbutar SH MH, Anggota DPRD Taput Bangun Tobing dan Ketua TP PKK Ny Elly Torang Lumbantobing, Senin (19/7) di Desa Hutabulu Siborongborong. (Foto SIB/ Posma Simorangkir) ·

 Diproduksi di Desa Hutabulu Siborongborong Mempekerjakan 150 Tenaga Lokal
· Investor Yakin 5 Tahun Mendatang Taput Dapat Kuasai Pasar Jepang

Siborongborong (SIB)
Sumber baru peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara saat ini muncul di kawasan pedesaan tepat di Desa Hutabulu Kecamatan Siborongborong. Tidak tanggung-tanggung, jenis kegiatan usahanya mulai dari memproduksi hasil pertanian rakyat hingga ekspor ke luar negeri.
Bupati Taput Torang Lumbantobing memberangkatkan ekspor perdananya, Senin (19/7) yaitu ekspor ubi dan lobak dalam bentuk makanan siap saji dengan tujuan negara Jepang.
Pemberangkatan ditandai pemecahan guci ke badan dua mobil konteiner oleh pimpinan daerah dan anggota DPRD Taput. Barang ekspor itu diproduksi PT Toba Agro Mandiri di Desa Hutabulu, Kecamatan Siborongborong yang mempekerjakan 150 tenaga kerja lokal.
“Kita harus mensyukuri hasil pertanian masyarakat Taput bisa menembus pasar internasional. Kita juga harus syukuri hasil pertanian kita dikonsumsi di Negara Jepang. Terima kasih buat Investor yang telah membuka usaha yang dapat memberikan peluang kepada masyarakat petani untuk meningkatkan ekonomi dan taraf hidupnya,” ujar Bupati Torang Lumbantobing mengawali arahannya pada pemberangkatan ekspor perdana itu.
Pimpinan Toba Agro Mandiri Ricard Rianto memaparkan, ekspor perdana ubi dan lobak dalam bentuk makanan siap saji yang telah dikemas diekspor ke Jepang dengan tujuan kota Tokyo dan Kobe. Market Jepang kata Rianto sangat terbuka sekali dan ekspor dengan perdana yang dilakukan dengan muatan masing-masing 7 ton belum berarti apa-apa untuk pasar Jepang.
“Pasar sangat terbuka sekali. Masalahnya saat ini kita bersaing dengan Negara China yang mampu menjual harga komoditinya di bawah harga kita,” ujarnya. Namun Rianto yakin bahwa Tapanuli Utara yang berada di dataran tinggi dengan udaranya yang sejuk dan tanahnya subur akan mampu mengimbangi produksi China nantinya dengan meningkatkan produksi 3 sampai 4 kali panen dalam setahun.
Selain itu, China yang saat ini generasi mudanya lebih menggandrungi teknologi, secara berangsur-angsur akan meninggalkan pertanian. Maka peluangnya 5-10 tahun ke depan pasar produksi pertanian untuk Jepang dapat direbut Indonesia khususnya Tapanuli Utara.
Rianto menerangkan, saat ini pihaknya mempekerjakan tenaga lokal di pabrik PT Toba Agro Mandiri sebanyak 150 orang dan 200 kepala keluarga mendapat pembinaan untuk penanganan seluas 60 hektar tanaman lobak dan tanaman ubi 40 hektar yang tersebar di lima lokasi yakni Kecamatan Tarutung, Kecamatan, Siborongborong, Kecamatan Sipahutar, Kecamatan Pangaran, dan Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan.
Usai pemberangkatan ekspor perdana itu, Bupati Torang Lumbantobing kepada wartawan mengatakan, patut disyukuri kehadiran investor di Taput ini yang membuka peluang peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. “ Investor menjamin stabilitas harga. Perusahaan telah pula mengurangi pengangguran dengan mempekerjakan 150 tenaga lokal saat ini. Perusahaan juga akan menambah luas lahan produksi,” jelasnya sembari menghimbau masyarakat dapat memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya dengan semakin giat bekerja dengan mengembangkan tanaman lobak dan ubi Jepang yang telah jelas pasar dan harganya.
Pemberangkatan ekspor perdana ubi dan lobak tersebut dihadiri Kapolres Taput AKBP J Didiek DP, Dandim 0210/TU Letkol Arh Ramses Tobing, Sekdakab Taput Drs Sanggam Hutagalung, MM, Ketua PN Tarutung Gosen Butarbutar SH MH, Anggota DPRD Taput Bangun Tobing, Ketua TP PKK Taput Ny Elly Torang Lumbantobing, pimpinan SKPD dan masyarakat sekitar lokasi pabrik. (PR3/g)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s