Dua Perusahaan Tambang di Humbahas tidak Diperpanjang Izinnya


Doloksanggul, BATAKPOS

Dua perusahaan berbeda pekerjaan yang sudah sempat mendapat izin dari Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) untuk mengeksploitasi tambang dan penelitian energi tidak diperpanjang izinnya. Menurut informasi, lokasi kedua perusahaan itu, yakni PT Andani dan PT Subur Sari Lanstderich (SSL) diketahui memasuki wilayah kawasan hutan dan register.

Ketika hal ini dikonfirmasi, BATAKPOS, Rabu (14/7) kepada Kepala Kantor Pertambangan dan Energi, Minrod Sigalingging, mengakui Pemkab Humbahas sempat mengeluarkan izin lokasi kepada PT Andani selaku pemiliknya, Franky Sanjaya Kang dan PT Subur Sari Lanstderich (SSL) selaku pemilik izin, Nelson Matondang.

Dijelaskannya, kedua perusahaan itu seperti, PT Andani selaku pemiliknya Franky Sanjaya Kang lokasi perizinannya berupa izin eksploitasi bahan galian B (Emas/Au) di Desa Dolok Parnapa Kecamatan Pakkat. Dengan dasar hukumnya/keputusanya no 373 tahun 2008 dengan masa berlaku 16 Desember hingga 16 Desember 2009.

Sedangkan, PT Subur Sari Lanstderich (SSL) lokasi perizinannya berupa izin prinsip di Dusun Lae Maga Rambung Desa Sitanduk Kecamatan Tarabintang dengan masa berlaku 16 Desember 2008 hingga 16 Desember 2009. 

Ternyata, menurut dia, lokasi pada kedua perusahaan itu diketahui masuk kawasan hutan. “Kami tidak tahu bahwa kawasan pertambangan yang diberikan kepada dua perusahaan merupakan kawasan hutan,” ujarnya.

Menurut dia, ketika itu ada surat dari Dinas Kehutanan yang menyatakan bahwa lokasi yang diberikan kepada kedua perusahaan masuk hutan register. ”Izin kedua perusahaan itu kini sudah tidak diperpanjang lagi,”katanya.

PT Andani diberikan izin eksploitasi di kawasan hutan register untuk meneliti kekayaan alam yang tidak bisa diambil berupa emas dan logam. Perusahaan itu, tuturnya, hanya melakukan penyelidikan saja, tanpa ada mengambil sesuatu di lokasi tersebut.

Sama halnya PT SSL juga mendapat izinya prinsip dengan nomor : 540/45/KRE/2008 ditandatangani, Bupati Humbahas, Maddin Sihombing. Perusahaan tersebut, jelasnya, baru sampai melakukan penelitian potensi energi untuk pembangkit arus listrik pada lokasi yang diberikan di salah satu kawasan register di Humbahas. ck13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s