Masih Ada Penderita Gizi Buruk di Humbahas


Doloksanggul, BATAKPOS

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumut mengatakan penanganan gizi buruk sudah tuntas 100 persen. Hal itu terungkap pada Nota Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Humbang Hasundutan Tahun Anggaran 2009 di bidang kesehatan yang menyebutkan, bahwa penanganan gizi buruk di daerah ini telah mencapai 100 persen. Dari 60 jiwa balita yang menderita gizi buruk, semuanya telah mendapat pelayanan kesehatan.

Tapi laporan Dinas Kesehatan tersebut dibantah oleh tokoh pemuda   Juandi Sihombing. Kepada wartawan, Jumat (16/7) dia menyebutkan padahal sejak November 2009 hingga Februari 2010 masih ditemukan tiga balita penderita gizi buruk di Kecamatan Lintongnihuta dan Kecamatan Doloksanggul.

Ketiga balita tersebut masing masing Dippos Siringoringo (2) dan adiknya Ucok Siringoringo (6) dari pasangan Herbin Siringoringo dan Rida Simamora warga Dusun Lumban Sipinggan, Desa Sitolu Bahal, Kecamatan Lintongnihuta. Kemudian, Andareas Purba (4) anak dari pasangan Harapan Purba dan Dermawati Togatorop, warga Desa Lumbantobing, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbahas.

Ketiga balita penderita gizi buruk tersebut sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Doloksanggul pada bulan Februari 2010. Dan satu di antaranya, yakni Ucok Siringoringo akhirnya meninggal dunia di RSU Doloksanggul. Saat dibawa ke rumah sakit, berat badan Dippos Siringoringo hanya 5,8 kilogram di usia satu setengah tahun, dan adiknya Ucok Siringoringo hanya memiliki berat badan 2,8 kilogram di usia enam bulan. Padahal saat dilahirkan, berat badan kedua kakak beradik tersebut normal yakni di atas 3 kilogram.

”Andareas Purba, saat dibawa ke RSU Doloksanggul, berat badannya hanya 3,5 kilogram, padahal saat dilahirkan Andareas Purba memiliki berat badan 4 kilogram,”katanya.

Disamping itu, untuk memperjelas Nota LKPJ Bupati Humbahas pada Dinas Kesehatan tersebut, Senin (19/7) Kepala Dinas Kesehatan ketika hendak dikonfirmasi  BATAKPOS,  tidak berada di ruang kerjanya. ck13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s