September 2010, Lion Air dari Jakarta Akan Mendarat di Bandara Silangit


Medan (SIB)
Direncanakan September 2010, pesawat Lion air akan mendarat di Bandara Silangit. Bahkan pesawat baru sudah dipesan dari Perancis, dan ini sebagai bentuk seriusnya pihak PT Lion Air untuk membuka rute penerbangan Jakarta-Silangit.
Hal tersebut terungkap dalam sebuah rapat antara Direktur Umum PT Lion Air Edward Sirait dengan Sekdaprovsu Dr RE Nainggolan MM bersama Kadis Perhubungan Sumut N Dalimunthe MSP, Kasie Dishub Sumut Darwin Purba, Wakil Bupati Humbang Hansundutan Marganti Manullang dan beberapa perwakilan pemerintah kabupaten di wilayah sekitar Bandara Silangit, Rabu (21/7) di Restoran Jimbaran, Babura Medan.
Edward menjelaskan, melihat potensi wisata di wilayah Silangit cukup besar, dan masyarakatnya cukup kondusif dan bisa menerima perkembangan-perkembangan tehnologi membuat pihak Lion Air tertarik membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Bandara Silangit. Dengan dibukanya rute penerbangan itu tentu membuat kunjungan ke Danau Toba semakin meningkat, termasuk ke daerah Dolok Sanggul, Tarutung, Parapat, Sipirok dan sekitarnya.
Untuk sementara, lanjutnya, pesawat Lion Air akan melakukan penerbangan PP (Pulang Pergi) tiga kali seminggu Jakarta-Silangit sambil melihat perkembangan selanjutnya. “Kita melihat beberapa penerbangan yang dibuka seperti Gunungsitoli, Pinangsori, dan Aek Godang cukup memberikan respon yang baik. Kita juga berharap Bandara Silangit seperti itu, dan harus sama-sama mengembangkannya,” paparnya.
Ketika ditanya berapa target penumpang yang akan di bawah rute Jakarta-Silangit, dirinya justru tidak mau membicarakannya. “Kita tidak mau membicarakan target untuk membuka penerbangan ke Bandara Silangit. Tapi bagaimana kita membangun pasar (market). Sebab kalau kita berbicara target itu tidak akan jadi. Sebab pasar itu dalam transportasi harus dibangun. Kita tidak bisa menjualnya seperti ban mobil yang ditargetkan harus terjual sekian dalam setahun. Karenanya, kita lihat ada potensi lalu kita bangun. Kalau pasar sudah dibuka maka kita tinggal jalannya,” katanya.
Dia juga yakin kalau potensi pasar untuk transportasi penerbangan ada melalui Bandara Silangit. “Yakin pasarnya pasti ada, baik pasar kunjungan keluarga, bisnis maupun pariwisata. Setelah itu, kita akan bangun rute Silangit-Batam, Silangit-Bandung dan daerah lainnya. Kalau ini sudah dibuka, kita juga akan merekrut para pekerja kita dari daerah Silangit mapun sekitarnya. Kita juga yakin kalau rute ini sudah dibuka maka pertumbuhan ekonomi akan tumbuh tiga kali lipat di wilayah Silangit sekitarnya,” paparnya.
Sedangkan Sekdaprovsu Dr RE Nainggolan MM usai rapat tersebut kepada wartawan menyampaikan, rencana dibukanya rute penerbangan Jakarta-Silangit ini, berangkat dari satu keinginan Gubsu H Syamsul Arifin SE bagaimana semua daerah Sumut dalam waktu yang singkat dapat ditempuh. “Maka kita mengadakan kontak terus dengan pihak Lion Air, khususnya Direktur Umum Lion Air Edward Sirait yang memberikan reaksi sangat positif atas upaya-upaya kita untuk bagaimana memanfaatkan Bandara Silangit. Bandara Silangit kini juga terus dipelihara dan dikembangkan pembangunannya sehingga ke depan menjadi bandara berkelas di internasional,” kata Sekdaprovsu.
Sekdaprovsu juga menjelaskan kalau Pemda yang ada di sekitar Bandara Silangit sebelumnya sudah bertemu dengan Edward Sirait untuk membicarakan ini. “Jadi pertengahan Agustus 2010 akan dilakukan MoU antara pihak Lion Air dengan Pemprovsu dan pemerintah kabupaten yang ada di sekitar Bandara Silangit. Diperkirakan pada September sudah akan dimulai penerbangan pertama, dalam kesempatan itu juga akan dilakukan promosi bersama agar masyarakat dan publik tahu persis bahwa di lokasi itu terdapat berbagai potensi wisata, dan dapat dijangkau dengan lebih cepat dan baik. Semoga apa yang dicita-citakan pada hari ini dapat terwujud, dan kita punya komitmen yang sama untuk membangun Sumut,” ucap Sekdaprovsu.
Sementara Wakil Humbang Hasundutan Marganti Manullang bersyukur akan dibukanya rute penerbangan Jakarta-Silangit. “Adapun bentuk dukungan yang kita berikan dari pihak Pemkab Hubungan Hasundutan kepada pihak Lion Air adalah promosi bersama, terutama untuk promosi luar negeri,” katanya.
Sedangkan Kadis Perhubungan Sumut N Dalimunthe meminta agar pengusaha angkutan juga ikut mendukung rencana tersebut. Sebab ini akan menghidupkan perekonomian semua sektor terutama sektor angkutan darat di wilayah Silangit sekitarnya. “Kalau ini sudah dibuka maka taxi bandara pun akan banyak muncul di wilayah ini, termasuk transportasi lainnya,” ucapnya.(M35/d)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s