Kasus Korupsi di Humbahas Harus Transparan


Tarutung, BATAKPOS

Ketua LSM Predikat Sumut Asman Sihombing menyatakan mendukung sepenuhnya kinerja Kejaksaan Negeri Tarutung mengusut kasus dugaan korupsi di Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas). Tapi, dengan catatan penyidikan atau pengusutan kasus itu benar-benar transparan, jangan main sembunyi-sembunyi atau ditutup-tutupi.       

Kepada BATAKPOS, Jumat (23/7), Asman Sihombing melalui telepon selulernya mendesak, agar semua kasus menyangkut permasalahan korupsi sebaiknya ditindaklanjuti sehingga tidak menimbulkan preseden buruk dalam penegakan hukum.

“Hukum tidak memandang jabatan dan orangnya, karena semuanya sama di mata hukum,” tegas Asman Sihombing, yang juga mantan anggota DPRD Taput periode 2004-2009. Asman Sihombing kini berdomisili di Siborongborong dan Medan sebagai aktivis LSM.

Menanggapi isu bahwa Kajari Tarutung Mangasi Situmeang, SH, bakal pindah dalam waktu dekat, menurut Asman tidak masalah. Tetapi, sebaiknya permasalahan Sekdakab Humbahas dan Ketua DPRD dibuka secara transparan, agar publkc dapat menilai, apakah Kajari yang “bandel” ataukah memang Sekda Humbahas benar-benar pelaku korupsi. Asman Sihombing tidak memerinci lebih jauh, pengertian “Kajari yang bandel” tersebut.

Kasus dugaan korupsi yang melibatkan oknum Sekdakab dan Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban, belakangan ini kembali menghangat sebagaimana dilansir media. Karena sebelumnya, pengusutan kasus itu sempat dingin, pada hal penyidikan oleh tim kejari Tarutung sudah gencar akhir tahun lalu. Sekdakab Humbahas MS, tahun lalu sudah diperiksa secara marathon di Kantor Kejari Tarutung, dan beritanya ramai dilansir media cetak dan elektronik.

“Kita lihat saja, apakah kasus ini bisa tuntas ataukah penanganannya lamban. Tapi kalau benar Pak Kajari Tarutung bakal pindah tugas, sebaiknya kasus ini dituntaskan secepatnya,” kata seorang warga Dolok Sanggul, Jumat (23/7). leo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s