Ketua DPRD Simalungun Dukung Pesta Danau Toba dan Ajak Pemda Tkt II Alokasikan Dana


Simalungun (SIB)
Sejak dahulu, obyek wisata Danau Toba sudah terkenal di mata dunia. Berkat keindahan profil alam dan budaya sekitar, wisatawan lokal dan manca negara tertarik untuk mengunjunginya. Sekarang dibutuhkan, bagaimana memperluas jaringan sambil mempertahankan minat pengunjung selain membenahi diri.
Demikian disampaikan Ketua DPRD Simalungun Binton Tindaon SPd kepada SIB, Selasa (20/7) di ruang kerjanya di Pamatangraya. Ia menambahkan, sudah saatnya seluruh elemen masyarakat khususnya Sumatera Utara, baik dari pemerintahan maupun non pemerintahan agar bekerja keras meningkatkan jati diri Danau Toba sebagai tempat pariwisata yang terkenal di mata dunia.
Menurutnya, Pesta Danau Toba (PDT) yang direncanakan 22-24 Oktober 2010 merupakan moment paling penting dalam meningkatkan kepariwisataan Sumut, khususnya Kabupaten Simalungun yang dinobatkan menjadi tuan rumah. Untuk itu, dirinya mengajak seluruh jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Tingkat II yang persis berada di pinggiran Danau Toba agar turut mendukung dan berpartisipasi mengalokasikan dana demi suksesnya penyelenggaraan PDT 2010.
“Tanpa ada dukungan, mustahil penyelenggaraan Pesta Danau Toba dapat membuahkan hasil yang maksimal,” tegas Ketua DPRD Simalungun sembari mengaku, dirinya turut serta mendukung PDT akan datang.
Ia mencontohkan beberapa pihak Pemda Tingkat II persis berada di sekitar Danau Toba seperti Simalungun, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Karo, Dairi dan Samosir.
Berhubung Parapat yang menjadi ikon PDT kali ini, Binton Tindaon menghimbau agar Camat Girsang Sipangan Bolon mulai bekerja secara efektif dalam membenahi kawasan semisal, kebersihan kawasan Danau Toba termasuk perairannya. Selain itu, diharapkan juga adanya keramahan masyarakat termasuk panitia agar para pengunjung betah berlama-lama berkunjung di Danau Toba, ujarnya.
Dengan diadakannya PDT, Ketua DPRD berharap ke depan jumlah wisatawan baik lokal maupun manca negara yang akan berkunjung ke Danau Toba drastis mengalami peningkatan. (JMG/q)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s