Penggunaan Perubahan APBD 2010 Provinsi Sumut Harus Tepat Sasaran


Medan, BATAKPOS

Ketua DPRD Sumut  H Saleh Bangun berharap Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Gubsu)  dalam  penggunaan anggaran yang bersumber dari perubahan APBD TA 2010 provinsi Sumatera Utara harus tepat sasaran dengan selalu mengutamakan kepentingan masyarakat Sumut.

Hal tersebut dikemukakan  Ketua DPRD Sumut  H Saleh Bangun   saat  memimpin rapat paripurna DPRD Provinsi Sumut masa persidangan III tahun sidang 2010, dengan acara pengambilan keputusan terhadap rancangan perubahan APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2010, Senin (2/8).

Menurut H Saleh Bangun, berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, Pasal 183 Ayat (1) menyebutkan bahwa perubahan APBD pada satu tahun anggaran dapat terjadi disebabkan adanya perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD, serta beberapa keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran dan keadaan yang menyebabkan sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya, harus digunakan untuk pembiayaan dalam tahun anggaran berjalan.

“Sesungguhnya APBD berasal dari rakyat maka harus dipergunakan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat, Saya mengharapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar berhati-hati dalam menggunakan APBD dan hendaknya tepat sasaran diikuti dengan program-program yang pro rakyat” ujarnya.

Penggunaan anggaran APBD yang efektif, efisien, dan tepat sasaran, merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004  tentang Pemerintahan Daerah, dan sesuai dengan semangat kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang sudah menginstruksikan agar penggunaan APBD di daerah dilakukan secara sehat, berimbang dan adil. Selain itu, H Saleh Bangun juga menegaskan bahwa DPRD Sumut periode 2009-2014 akan sepenuhnya menjalankan fungsi pengawasan yang dimiliki, guna mendukung berjalannya  program prorakyat di daerah provinsi Sumatera Utara yang telah dicanangkan pemerintah pusat melalui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Terkait tentang pendapatan asli daerah (PAD) di P-APBD TA 2010,  H Saleh Bangun mengungkapkan agar Gubsu beserta jajaran kepala SKPD terkait, di Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara dapat melakukan terobosan baru, agar setiap tahunnya PAD Sumut bertambah secara signifikan.

“Kami di DPRD Sumut siap melakukan inisiatif usulan perda baru terkait PAD, maupun menganalisa dan membahas usulan Perda yang berasal dari eksekutif, guna peningkatan PAD Sumut,” kata H Saleh Bangun seraya menyebutkan juga bahwa tahun anggaran 2011 nanti, Sumut semoga bisa meningkatkan PAD yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah secara signifikan dan besar.

Di tempat terpisah, Sekretaris Komisi Pemantau Penggunaan Anggaran Negara (KPPAN) Sumut Bayu Rahmad, mengharapkan agar Ketua DPRD Sumut dapat terus meningkatkan fungsi pengawasannya dalam penggunaan anggaran terhadap Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara.

“Sebagai wakil rakyat yang telah dipilih rakyat, para anggota DPRD Sumut harus fokus dalam menyusun dan mengawasi penggunaan APBD agar bermanfaat untuk rakyat.” ujarnya. hit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s