Bupati Humbahas Sampaikan Nota Perhitungan Atas Pelaksanaan APBD 2009


* Pemkab Humbahas TA 2009 Memperoleh Opini WDP
* “Bukit Inspirasi” Diresmikan Jadi Nama Komplek Kantor Bupati Humbahas

Doloksanggul (SIB)
Bupati Humbang Hasundutan Drs Maddin Sihombing MSi menyampaikan nota perhitungan atas pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2009 dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Humbahas, Kamis (5/8) yang dihadiri Wakil Bupati Drs Marganti Manullang, Ketua DPRD Bangun Silaban SE, Dandim 0210/TU Letkol Inf Habzen Sianturi, Ketua PN Tarutung G. Butarbutar, SH, Sekdakab Martuaman S Silalahi SH serta Ketua TP PKK Ny Anni Rosma br Napitupulu dan sejumlah pimpinan SKPD.
Dalam nota pengantar tersebut, bupati memaparkan realisasi pendapatan Rp390 miliar atau terealisasi 100,16 persen dari target Rp389 miliar yang terdiri atas pendapatan asli daerah (PAD) terdiri atas, hasil pajak daerah Rp2, 01 miliar (85, 93 persen) dari target Rp2,34 miliar, hasil retribusi daerah Rp2,75 miliar (92,48 persen) dari target Rp2,98 miliar, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan Rp1,10 miliar sesuai target dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah Rp 2,15 miliar atau 64,77 persen dari target Rp3,33 miliar. Kemudian, pendapatan transfer Rp378 miliar atau terealisasi Rp101,59 persen dari target Rp372 miliar dan lain-lain pendapatan daerah yang sah teralisasi Rp3,70 miliar atau Rp51,07 persen dari target Rp7,25 miliar.
Dalam nota pengantarnya, bupati mengatakan berdasarkan Perda Humbahas Nomor 1 tahun 2009 tentang ABPD Kabupaten Humbahas TA 2009, jumlah anggaran belanja APBD TA 2009 sebelum perubahan (APBD Murni) Rp388 miliar, dengan adanya perubahan APBD sesuai dengan Perda nomor 3 tahun 2009 maka jumlah anggaran belanja APBD bertambah Rp17 miliar. Sehingga anggaran belanja Kabupaten Humbahas tahun anggaran 2009 menjadi Rp406 miliar. Sedangkan realisasi Rp378 miliar atau 93,22 persen, dengan komposisi belanja tidak langsung ditargetkan sebesar 188 miliar dan realisasi Rp181 miliar atau Rp96, 29 miliar dan kebutuhan belanja langsung ditargetkan Rp217 miliar dan realisasi Rp196 miliar atau 90,55 persen.
Bupati Humbahas juga menyampaikan bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Humbahas TA 2009 memperoleh opini Wajar Dengan Perkecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan masuk kategori terbaik di Sumatera Utara, dan tinggal hanya sedikit kekurangan lagi untuk layak memperoleh opini Wajar Tanpa Perkecualian (WTP), yaitu penilaian tertinggi yang masih jarang diperoleh instansi pemerintah selaku entitas pelaporam di Indonesia.
“Bukit Inspirasi”
Sementara itu nama “Bukit Inspirasi” diresmikan sebagai nama Komplek Kantor Bupati Humbang Hasundutan yang berada di Desa Pakkat Toruan Kecamatan Doloksanggul. Peresmian ini dilakukan Bupati Humbang Hasundutan Drs Maddin Sihombing MSi didampingi Sekdakab Martuaman S Silalahi SH bersama tokoh masyarakat dari Desa Pakkat Toruan Kecamatan Doloksanggul sebagai pemberi lokasi perkantoran yang amat strategis tersebut. Pengukuhan nama “Bukit Inspirasi” dilaksanakan di Pendopo Kompleks Kantor Bupati Humbang Hasundutan beberapa waktu lalu.
Hal itu diungkapkan Kabag Humas melalui Alfonsius Tinambunan SE kepada SIB, Kamis (5/8) di Doloksanggul. Menurutnya, saat acara pengukuhan nama “Bukit Inspirasi” berlangsung, Kepala Desa Pakkat Toruan Monang Purba dan sejumlah tokoh masyarakat setempat mengaku sangat berterimakasih kepada Pemkab Humbang Hasundutan di bawah kepemimpinan Bupati Drs Maddin Sihombing MSi yang melaksanakan pembangunan berbagai sarana infrastruktur di Desa Pakkat Toruan. Dengan dibangunnya kantor bupati di desa Pakkat Toruan maka kemerataan pembangunan pun sangat baik terutama di Kecamatan Doloksanggul.
Kades Monang Purba berharap agar Pemkab Humbang Hasundutan ke depan terus membangun sarana infrastruktur di Desa Pakkat Toruan. “ Atas penyerahan lahan ini, kami berharap agar terus berkarya untuk membangun Kabupaten Humbang Hasundutan dan secara khusus mengalokasikan pembangunan desa kami,” ujar Monang Purba dan diamini tokoh masyarakat desa itu.
Pada kesempatan itu, sebagai ungkapan terima kasih dan dukungan kepada Bupati Drs Maddin Sighombing MSi untuk terus melaksanakan pembangunan maka para tokoh masyarakat Desa Pakkat Toruan menyampaikan “ulos” kepada Bupati Drs. Maddin Sihombing MSi, Wakil Bupati Drs Marganti Manullang (diwakili) dan Sekdakab Martuaman Silalahi SH. Ulos ini juga sebagai ungkapan doa dan dukungan agar dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan di “Bukit Inspirasi” selalu diberkati Tuhan dan pemerintahan pun berjalan dengan baik.
Sementara Bupati Drs. Maddin Sihombing sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Humbang Hasundutan terutama masyarakat Desa Pakkat Toruan atas kerelaan mereka memberikan lahan untuk pembangunan perkantoran Bupati Humbang Hasundutan. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas penyerahan lahan untuk pembangunan kantor bupati ini dan menyetujui pemberian nama Bukit Inspirasi sebagai nama komplek perkantoran ini. Semoga sesuai dengan nama itu , kami dapat bekerja dengan baik dan tempat ini mampu memberi inspirasi bagi kami untuk membangun Kabupaten Humbang Hasundutan kearah yang lebih dan sejahtera,” ujar Maddin Sihombing.
Maddin juga mengajak seluruh masyarakat agar turut serta menjaga kelestarian dan keamanan komplek perkantoran tersebut, terutama menjaga dan memelihara sarana dan prasarana pembangunan yang ada di Desa Pakkat Toruan. Maddin juga secara simbolis menyerahkan “pasituak natonggi” (uang sebagai ungkapan terimakasih) kepada tokoh masyarakat Desa Pakkat Toruan serta saat acara dilaksanakan makan “Itak Gurgur” serta makan bersama dengan tokoh-tokoh masyarakat Desa Pakkat Toruan. Turut memberikan kata sambutan yaitu Ketua LADN Humbahas TN Nainggolan, Sekdakab Martuaman S Silalahi SH dan Asisten Pemerintahan Drs Onggung Silaban. (T10/x)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s