Kadis Kesehatan Humbahas Tuding DPRD ‘Asbun’


Dolok Sanggul, BATAKPOS

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dr Roulan Siburian saat dikonfirmasi wartawan terkait sorotan anggota dewan atas kinerja dinas kesehatan dalam rekomendasi nota LKPJ TA 2009 mengatakan, anggota dewan Humbahas asal bunyi (asbun-red) saja.

”Yang tahu tentang kesehatan itu siapa? Yang tahu tentang obat-obatan itu siapa? Dewan atau kami dari pihak kesehatan. Itu kan aneh pernyataan mereka itu,” cetus Roulan, Rabu (4/8).

Berdasarkan surat rekomendasi DPRD Humbahas No 13 Tahun 2010  disebutkan, bahwa dari hasil monitoring dewan ditemukan pengadaan obat-obatan yang tidak sesuai dengan jenis penyakit. Yang sering timbul di tengah-tengah masyarakat, sehingga para tenaga medis dikatakan sering kewalahaan dalam menanggulangi penyakit.

Kemudian, adanya pemberian intensif kepada tenaga medis yang ditempatkan di daerah terpencil dan sangat terpencil, DPRD meminta supaya ditinjau ulang. Serta, adanya penemuan bidan desa terpencil belum mendapatkan intensif.

”Bidan desa terpencil yang mana yang tidak dapat insentif, jangan pula ada bidan mengaku ngaku ditempatkan di desa terpencil, padahal tidak masuk dalam kategori desa terpencil. Semua tenaga medis, baik bidan desa maupun dokter sudah ditetapkan di daerah mana saja yang masuk kategori desa terpencil dan desa sangat terpencil, sebaiknya dalam rekomendasi itu disebutkan siapa bidan desanya dan di mana wilayah tugasnya, supaya kita tahu, jangan asal ngomong,” tegas Roulan. ck13

3 thoughts on “Kadis Kesehatan Humbahas Tuding DPRD ‘Asbun’

  1. tole ma amang dokter siburian. lanjuthon damang ma program kesehatan i, asa unang adong be habegean akka gizi buruk dohot lan panahit naasing. anggo sukkun2 dht komentar ni dewan biasa ma anggap hamu…….ala i do nabinoto na (putra pakkat toruan alias bukit inspirasi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s