Diduga Melibatkan Oknum Pejabat, Poldasu Temukan 4 Lokasi Pembalakan Liar di Humbahas


Medan (SIB)
Tim penyidik Sat IV/Tipiter Direktorat Reserse Kriminal Poldasu, yang diturunkan ke Kecamatan Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), awal pekan lalu menemukan empat lokasi pembalakan hutan lindung di empat desa kecamatan itu.
Pembalakan yang dilindungi dengan Izin Pemanfaatan Hasil Kayu Masyarakat (IPKHM) diperkirakan telah berlangsung sejak beberapa bulan lalu. Sebab hutan yang dirambah sudah cukup luas. Selain itu di beberapa tempat ditemukan pembangunan jembatan dengan memanfaatkan kayu log (kayu bulat).
Pembalakan itu di lakukan di empat tempat kejadian sesuai dengan izin yang dikeluarkan Dinas Kehutanan Humbahas. Keempat kawasan perambahan itu masing-masing dikelola SB, LB, SN dan seorang lainnya.
Dari keempat tempat kejadian perkara (TKP) tersebut polisi telah menyita barang bukti kayu, seperti berbagai jenis kayu bebentuk log seberat puluhan ton, alat pengolah kayu dan beberapa truk pengangkut kayu dimaksud.
Informasi yang diperoleh menyebutkan, IPHKM tersebut dikeluarkan oleh Drs OS selaku Pejabat Kadis Kehutanan beberapa waktu lalu. Seperti diekspos bebrapa anggota DPRD Humbahas dua pekan lalu, sedikitnya ada 11 izin yang telah dikeluarkan oleh pejabat tersebut.
Diperkirakan izin pengolahan itu sebagian besar justru berada di kawasan hutan register. Berdasarkan itu pula pihak Poldasu melakukan penyelidikan dan menemukan pembalakan tersebut.
Kasubbid Dokliput Humas Poldasu AKBP MP Nainggolan, Senin (2/8) lalu membenarkan turunnya tim Poldasu melakukan penyelidikan itu. Selama seminggu tim tersebut melakukan penyelidikan di sana.
Untuk pengusutan lanjutan, pihak Poldasu masih akan melakukan pemanggilan kepada berbagai pihak untuk menetapkan tersangka dalam kasus itu. Namun melihat kasus-kasus sebelumnya, oknum pejabat yang mengeluarkan izin tersebut biasanya dijadikan tersangka, seperti di Pakpak Bharat, Tobasa dan menyusul Simalungun. (Pr2/x)

2 thoughts on “Diduga Melibatkan Oknum Pejabat, Poldasu Temukan 4 Lokasi Pembalakan Liar di Humbahas

  1. Onmada hasil ni polisi bhayangkara ta on. Selamat bekerja atas prestasi munaon, alai tolong sotung lapan anam (8 6) amang komandan ate…………….. gabe marsik haduan aek di humbahas nalambok pusukon

  2. Pengalaman saya pada pertengahan Agustus lalu melewati jalan darat di kecamatan Pollung, hampir sebagian besar jalannya rusak, berlubang. Bahkan saya sempat lihat, mobil mangkrak dengan ban yang kempes di tengah jalan. Pohon dan hutan di kiri kanan jalan juga tampak dibabat habis. Tolonglah supaya dana reboisasi dan perbaikan jalan dipakai untuk kesejahteraan warga juga. Tonase truk yang melewati jalur itu pun tolonglah diperhatikan, supaya kabupaten Humbahas tidak over eksploitasi. Horas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s