Menang Pilkada Serentak di Sumut 11 Bupati dan Walikota Dilantik Agustus


Medan (SIB)
Sebanyak 11 Bupati/Wakil Bupati, dan Walikota/Wakil Walikota yang berhasil menang dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Sumatera Utara, akan dilantik pada Agustus 2010. Pelantikan langsung dipimpin Gubernur Sumut H Syamsul Arifin atas nama Menteri Dalam Negeri.
Kepala Dinas Kominfo Sumut di Medan, Selasa (27/7) mengatakan, jadwal pelantikan 11 Kepala Daerah itu, sudah dikonfirmasi pihaknya kepada Kementerian Dalam Neger, dan kecil kemungkinan untuk ditunda atau diundur.
“Jadwal pelantikan pertama pada 5 Agustus 2010 untuk Kabupaten Serdang Bedagai, dengan Bupati terpilih masa bakti 2010-2015 HT Erry Nuradi, dan Wakil Bupati terpilih, H Seokirman,” jelasnya.
Jadwal pelantikan berikutnya pada 12 Agustus 2010 untuk Kabupaten Tapanuli Selatan dengan Bupati terpilih H Syahrul Pasaribu dan Wakil Bupati Aldindz Rapolo Siregar, serta Kabupaten Toba Samosir dengan BUpati terpilih Kasmin Simanjuntak dan Wakil Bupati Liberty Pasaribu.
Berikutnya tanggal 19 Agustus 2010 untuk Kabupaten Labuhanbatu dengan Bupati terpilih Tigor Panusunan Siregar dan Wakil Bupati Suhari, serta Kabupaten Asahan dengan Bupati terpilih Topan Gama Simatupang dan Wakil Bupati H Surya.
Kemudian, tanggal 25 Agustus 2010 untuk Kabupaten Pakpak Bharat dengan Bupati terpilih Remigo Yolanda Berutu dan Wakil Bupati Maju Ilyas Padang, serta Kota Pematang Siantar dengan Wali KOta terpilih Hulman Sitorus dan Wakil Wali Kota Koni Siregar.
Selanjutnya tanggal 26 Agustus 2010, Gubsu melantik Bupati terpilih Kabupaten Humbang Hasundutan Maddin Sihombing dengan Wakil Bupati Marganti Manulang, serta melantik Wali Kota Sibolga terpilih Syarfi Hutahuruk dan Wakil Wali Kota Marudut Situmorang.
“Untuk tangal 30 Agustus, Gubsu kemungkinan akan melantik Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, menyusul berakhirnya masa jabatan pejabat lama. Pelantikan Pj juga akan dilakukan untuk Kabupaten Mandailing Natal pada 12 September 2010. Hal ini dilakukan, akibat belum adanya keputusan final jadwal Pilkada Ulang di dua daerah ini,” katanya.
Khusus untuk Kota Binjai, Eddy menjelaskan, kemungkinan Gubsu akan mengangkat Pelaksana Tugas (Plt) dari kalangan PNS struktural, atau bisa juga mengangkat Pj Wali Kota. Hal ini ditempuh karena akan berakhirnya masa tugas Wali Kota Binjai pada 1 Agustus 2010, sementara sengketa Pilkada Binjai sampai kini belum lagi dijadwalkan sidangnya oleh Mahkamah Konstitusi. (M3/s)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s