Pemilik Kayu Sudah Diperiksa


Dolok Sanggul, BATAKPOS

Terkait dugaan illegal logging di Dusun III Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, delapan petugas tim dari Tipiter Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) sudah melakukan penyelidikan selam dua minggu. Pemilik kayu berinisial PS pun sudah diperiksa tim jajaran Polisi Resort (Polres) Humbahas.

Selain pemilik kayu itu, beberapa orang juga sudah diperiksa sebagai saksi.” Kita sudah periksa pemilik kayunya yang berinisial PS. Namun, yang lainnya dibawa ke Poldasu dan masih sebagai saksi,”ujar Kapolres Humbahas AKBP Surya melalui Kepala Bagian Bina Mitra selaku Pahumas Kompol C Saragih kepada BATAKPOS, Senin (9/8) via telepon.

Akan tetapi, Kompol C Saragih ini yang masih baru bertugas di Polres Humbahas ini belum dapat memastikan, hutan yang ditebang itu jenis hutan apa. ”Kita belum tahu itu hutan jenis apa, kita tunggu saja pemeriksaan lebih lanjut,”katanya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kombes Pol Baharuddin Djafar via pesan singkat menyatakan, dugaan illegal logging ini masih tahap penyelidikan. Hanya saja, sudah dua orang diperiksa sebagai saksi.

Namun, Kabid Humas tidak dapat memberitahukan siapa nama yang diperiksa sebagai saksi itu. Dari pengamatan BATAKPOS menyebutkan, selama penyisiran yang dilakukan Tim Tipiter selama dua minggu, tim telah mengamankan beberapa puluhan kayu olahan dan baloki. Bukan hanya itu, empat truk yang digunakan untuk membawa kayu tersebut, juga diamankan di Polisi Sektor (Polsek) Pollung.

Program Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup

Sementara itu, dari nota pengantar rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Humbang Hasundutan 2009 yang dibacakan oleh  Bupati Drs Maddin Sihombing, MSi pada rapat sidang paripurna kantor DPRD  baru-baru ini, ternyata anggaran di Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup besarnya Rp5.997.613.552. Ini tidak sebanding dengan apa yang dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Humbahas. ck13

2 thoughts on “Pemilik Kayu Sudah Diperiksa

  1. horas amang polisi, tarlobi tu bapak komandan polres humbahas, molo nga diperiksa tung tolong majoloate dilibassssssssssssss (lipat dan basmi). Bravo do polres??????????????

  2. transparansi proses hukum harus di sampaikan dan terserap ke masyarakat.jangan ada lagi yang namanya kepentingan di era seakrang.Horass ,,,,,, aka komandan
    “RIDWAN MARBUN SE” pinoparni Datu Narara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s