DPRDSU: Masyarakat Cakupan Wilayah Protap Tanya DPRDSU, Kapan Protap Diparipurnakan


* “Apa Salah dan Dosa Kami, Sehingga DPRDSU Tidak Sahuti Aspirasi Masyarakat”

Medan (SIB)
Tim Reses DPRD Sumut Dapem (daerah pemilihan) VIII yang meliputi Kabupaten Samosir, Humbahas (Humbang Hasundutan), Tobasa, Taput, Tapteng dan Sibolga menegaskan, bahwa seluruh masyarakat yang masuk cakupan wilayah Protap (Propinsi Tapanuli) bertanya kepada lembaga legislati, kapan Protap diparipurnakan.
Pertanyaaan itu disampaikan Ketua Tim Reses Dapem VIII DPRD Sumut Tohonan Silalahi, SE MM dalam laporan kegiatan Resesnya pada rapat paripurna dewan yang dipimpin Ketua DPRD Sumut HM Saleh Bangun didampingi Wakil Ketua HM Affan SS, Ir H Chaidir Ritonga MM, Ir H Kamaluddin Harahap MSi dan Sigit Pramono Asri SE dihadiri Gubsu H Syamsul Arifin SE dan Sekdapropsu DR RE Nainggolan MM Rabu (18/8) di DPRD Sumut.
“Ketika kita Reses ke Dapem VIII pada 9 Agustus – 11 Agustus yang lalu, masyarakat yang masuk cakupan wilayah Protap mempertanyakan tindak lanjut agenda paripurna Protap dan masyarakat sangat berharap hal ini segera ditindaklanjuti serta diagendakan pengesahannya,” ujar Tohonan Silalahi.
Masyarakat juga bertanya kepada anggota dewan Dapem VIII, kata Tohonan, kenapa DPRD Sumut tidak menyahuti aspirasi masyarakat Tapanuli yang sangat menginginkan lahirnya propinsi baru di Sumut, sebab sepanjang mereka ketahui, pembentukan Protap bukanlah tabu atau melanggar undang-undang.
“Kita sangat sedih mendengar keluhan masyarakat yang menginginkan proses pembentukan Protap yang sebelumnya telah dibahas dalam beberapa tahapan, ternyata tidak menjadi perhatian bagi pimpinan dan anggota DPRD Sumut,” ujar Tohonan seraya mengutip pertanyaan masyarakat “apa salah dan dosa masyarakat Tapanuli, sehingga dewan tidak menyahuti aspirasi masyarakat.
Menanggapi harapan masyarakat Tapanuli, Ketua F-PDI Perjuangan DPRD Sumut Budiman P Nadapdap SE menegaskan, fraksinya tetap komit memperjuangkan pembentukan Protap tanpa pamrih. Bahkan pihaknya telah menyurati pimpinan dewan untuk segera menjadualkan paripurnanya sesegera mungkin.
“Kita tahu, masalah Protap ini ibarat ibu yang sudah lama hamil tua, tapi tetap dihadang kelahiran anaknya. Padahal segala persyaratan persalinan telah lama dilengkapi dan bagi F-PDI Perjuangan wajib hukumnya untuk menggolkan aspirasi masyarakat,” ujar Budiman seraya mengingatkan pimpinan dewan segera menjadualkan paripurnanya.
Diakui Budiman, fraksi-fraksi di DPRD Sumut masih terjadi pro kontra menyikapi jadual paripurnanya. Lima fraksi (F-PDI Perjuangan, F-PPRN, F-PDS, FP Hanura, F-Gerindra Bulan Bintang Reformasi) sudah menyurati pimpinan dewan agar segera diparipurnakan. Sementara 5 fraksi (FP Demokrat, FP Golkar, F-PPP, F-PKS dan F-PAN) tampaknya belum setuju digelar paripurna Protap.
Berkaitan dengan itu, Budiman kembali mengetuk hati pimpinan dewan maupun pimpinan fraksi untuk menjadualkan paripurna Protap, demi mempertangung-jawabkan uang rakyat yang telah dihabiskan Pansus (Panitia Khusus) Protap DPRD Sumut periode yang lalu. (M10/ r)

One thought on “DPRDSU: Masyarakat Cakupan Wilayah Protap Tanya DPRDSU, Kapan Protap Diparipurnakan

  1. perlu ditingkatkan mutu SDM dan pendidikan di humbahs, serta sarana pendidikan, dan infrasturktur , peningkatan pendapatan perekonomian masyarakat, khususnya petani dengan memberikan bantuan dan saran pertanian untuk mendukung peningkatan produksi pertanian yg ada di humbahas. Peranan pemerintah daerah perlu lebih proaktif dan seluruh SKPD yg ada bekerja keras dalam membantu dan melayani masyarakat di humbahas khusnya masyarakat di pedalaman yg kurang mendapat informasi.
    Thx. GBU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s