DPRDSU Terharu, Semangat Masyarakat Tapanuli Mendirikan Protap Tetap “Berapi-api”


* FP Demokrat DPRDSU Didesak Segera Surati Pimpinan Dewan Jadualkan Paripurna Protap

Medan (SIB)
Tim Reses DPRD Sumut Dapem (daerah pemilihan) VIII yang meliputi Kabupaten Tobasa (Toba Samosir) , Taput (Tapanuli Utara), Humbahas (Humbang Hasundutan), Samosir, Tapteng (Tapanuli Tengah) dan Sibolga merasa terharu, ternyata semangat masyarakat Tapanuli mendirikan Protap (Propinsi Tapanuli) tetap berkobar “berapi-api” dan tak pernah ada istilah kata kendur.
Hal itu diungkapkan anggota Tim Reses Dapem VIII Sopar Siburian, SH, MH kepada wartawan, Kamis (19/8) di DPRD Sumut menanggapi aspirasi masyarakat yang masuk wilayah cakupan Propinsi Tapanuli yang begitu tetap bersemangat mengibarkan bendera perjuangan pembentukan Protap agar segera terealisasi.
“Dari lima Kabupaten/Kota yang kita jalani, tampaknya semangat masyarakat mengibarkan panji-panji perjuangan Protap tetap berapi-api. Bahkan hampir seluruh masyarakat yang masuk wilayah cakupan Protap tetap bertanya kepada Tim Reses, bagaimana nasib Protap. Kenapa hingga kini belum diparipurnakan DPRD Sumut,” ujar Sopar menirukan ucapan masyarakat.
Bagi masyarakat, tambah Wakil Ketua FP Demokrat ini, tidak ada pilihan lain, kecuali membentuk propinsi baru demi mengejar ketertinggalan atau mensejajarkan pembangunan dengan daerah lain sekaligus mensejahterakan rakyat Tapanuli yang selama ini tampaknya terus diabaikan dan ditinggalkan.
“Jadi sangat tidak beralasan adanya isu-isu atau tudingan miring, bahwa pembentukan Protap hanya kepentingan segelintir oknum. Buktinya, seluruh masyarakat yang kita temui di 5 Kabupaten/Kota masuk wilayah cakupan Protap sangat menginginkan lahirnya Propinsi Tapanuli. Bahkan semangat mereka semakin hari-semakin berkobar serta tidak pernah ada kata menyerah memperjuangkan kelahiran Protap,” tegas Sopar.
Mendengar semangat perjuangan masyarakat dimaksud, kata Sopar, Tim Reses Dapem VIII yang diketuai Tohonan Silalahi SE MM, didampingi Wakil Ketua Drs Biller Pasaribu, Sekretaris H Maratua Siregar, anggota Palar Nainggolan SH, Rooslynda Marpaung, Aduhot Simamora, Oloan Simbolon ST, Budiman P Nadapdap SE berjanji kepada masyarakat akan menyampaikan tuntutan mereka kepada pimpinan dewan.
Bahkan Ketua DPD Partai Demokar Sumut Palar Nainggolan, SH yang juga merupakan anggota dewan daerah pemilihan Tapanuli tahu betul bagaimana semangat masyarakat mendirikan Protap, sehingga telah berjanji kepada untuk ikut mendukung dan memperjuangkan pembentukan Protap ini di lembaga legislatif.
“Kita yakin Pak Palar Nainggolan selaku Ketua FP Demokrat dan Ketua DPD Partai Demokrat Sumut serta anggota dewan Dapem Wilayah Tapanuli akan ikut mewujudkan impian masyarakat dengan sesegera mungkin menyurati secara resmi pimpinan dewan untuk menjadualkan paripurna pembentukan Protap,” ujar politisi vocal ini.
Ditambahkan Sopar, di lembaga legislatif dirinya secara pribadi sudah banyak berdiskusi dengan sesama anggota dewan tentang Protap dan pada dasarnya mereka tidak pernah menolak usulan pemekaran Propinsi Sumut itu, sehingga diyakini, jika pimpinan dewan menjadualkan paripurnanya, Protap akan segera terbentuk.
“Saya akui, dari komunikasi yang dibangun terhadap sesama anggota DPRD Sumut, pada prinsipnya mayoritas mendukung, sebab dari awal juga kita di FP Demokrat tidak pernah menghempang usulan pemekaran, seperti pemekaran Kabupaten Langkat berjalan dengan mulus, sebab bagi kita pemekaran itu tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pembangunan,” tegas Sopar.
Apalagi diketahui, sense of communication lembaga legislative saat ini semakin aspiratif sesuai dengan keinginan rakyat, sehingga Sopar Siburian mendesak pimpinan FP Demokrat DPRD Sumut segera menyurati pimpinan dewan untuk sesegera mungkin menetapkan jadual paripurna pembentukan Protap.
“Sejumlah fraksi di DPRD Sumut, seperti F-PDI Perjuangan, F-PPRN, F-Hanura, F-PDS telah melayangkan surat secara resmi ke pimpinan dewan agar ditetapkan jadual Paripurna Protap. Seharusnya, FP Demokrat selaku pememang Pemilu 2009 juga harus ikut mendesak pimpinan dewan, sebab bagi masyarakat saat ini tidak ada pilihan lain, kecuali mendirikan Protap,” ujar Sopar Siburian.(M10/ r)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s