Gubsu Lantik Bupati/Wakil Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing M.Si/Drs Marganti Manullang Periode 2010-2015


Doloksanggul (SIB)
Gubsu H Syamsul Arifin SE atas nama Presiden RI melantik dan mengambil sumpah janji Bupati/Wakil Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing M.Si/Drs Marganti Manullang periode 2010-2015, Kamis (26/8) dalam rapat paripurna istimewa DPRD Humbahas di Aula Huta Mas Pemkab Humbahas.
Usai pelantikan, Gubsu dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Maddin Sihombing/Marganti Manullang sebagai Bupati Humbahas/Wakil Bupati Humbahas periode 2010-2015. “Yang melantik Bupati Humbahas bukan Gubsu tapi Presiden RI, makanya hadir Wantimpres Letjend (Purn) TB Silalahi di sini. Hanya di Humbahas inilah Bupati yang dilantik dihadiri mobil RI 78” ujar Gubsu disambut tepuk tangan. Gubsu mengaku setelah beberapa kali berkunjung ke Humbahas merasa bersyukur karena masyarakatnya kompak walaupun ada gesekan dalam Pemilukada. Jadi masyarakat Humbahas harus bisa mengendalikan diri. Kita orang Batak boleh ribut di luar tapi tidak suka kalau ribut di dalam. “Kita harus kompak marsipature huta na be” tambahnya.
Undang-undang atau peraturan sudah mengatur Pilkada dan ada aturan mainnya, pemerintah tidak boleh ikut campur. Yang berhak ikut campur adalah partai politik dan partai itulah yang membawa calonnya ke KPU yang diawasi Panwaslu. Kepala daerah itu ditentukan rakyat dan bukan pihak KPU. Hasil itu suka atau tidak suka harus diterima. Humbang Hasundutan merupakan satu negeri yang baru mulai membangun. Sehingga harus kompak seluruh lapisan dalam pembangunan.
Secara khusus Gubsu menyampaikan apresiasi kepada mantan Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing yang kembali lagi dilantik sebagai “pelayan” di Humbahas 2 periode karena pertumbuhan dan perkembangan pembangunan di Humbahas cukup luar biasa. Sambutan masyarakat dan kekompakannya terus dilanjutkan. Budaya seperti ini harus dilanjutkan untuk membangun kampung ini karena punya potensi besar. Tapi pembangunan itu harus fokus, jangan hanya pertanian, peternakan namun pohon pinuspun harus dikembangkan di wilayah Tapanuli termasuk di Humbahas ini. “Saya tidak perlu banyak bicara karena saya bisa membaca hati Maddin Sihombing. Lanjutkan terus pembangunan di kampung kita ini” ujar Gubsu lagi.
Sementara itu, Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE sebelum menutup acara rapat paripurna istimewa mengucapkan terimakasih kepada Gubsu atas perhatiannya membangun SMA Unggulan di Lintongnihuta. Dan direncanakan tahun 2011 sudah menerima siswa baru, sehingga ke depan akan lahir pemimpin-pemimpin nasional bahkan internasional. Kemudian Ketua DPRD Humbahas 2 periode itu mengajak bersatu teguh mengharapkan perhatian Pempropsu ke Humbahas. Dimana selama ini, Humbahas memperoleh bantuan daerah bawahan hanya Rp 1,3 miliar. Tapi tahun ini Pemkab dan DPRD Humbahas meminta Rp 38 miliar. Mudah-mudahan, Gubsu merealisasikannya. Selanjutnya, Ketua Partai Demokrat Humbahas itu mengatakan bahwa rakyat Tapanuli sangat merindukan lahirnya Protap (Propinsi Tapanuli). Kesempatan yang berbahagia ini, masyarakat Humbahas mengharapkan dukungan dari Gubsu agar segera terwujud.
Pelantikan itu dihadiri Letjend (Purn) TB Silalahi SH, Ir Akbar Tanjung, 5 anggota DPR RI yaitu Jhonny Allen Marbun, Panda Nababan, Trymedia Panjaitan SH, DR Anton Sihombing, Marthin Hutabarat, anggota DPRDSU Rooslynda Marpaung, Tohonan Silalahi SE, Palar Nainggolan SH, Sopar Siburian SH, Biller Pasaribu, Sekdaprovsu Dr RE Nainggolan MM, Bupati Taput Torang Lumbantobing, Bupati Tobasa Kasmin Simanjuntak, Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon, Mantan Bupati Taput Lundu Panjaitan SH, mantan Bupati Tobasa Sahala Tampubolon dan Drs Monang Sitorus, Asisten Pemprovsu Hasiholan Silaen, Sanggam SH Bakkara, Direktur Bank Sumut Gus Irawan Pasaribu, Kapolres Humbahas AKBP Surya Sofian Hadi SH, pengusaha sukses di Jakarta asal Desa Parulohan Lintongnihuta Donal Sihombing, Ephorus HKI Pdt Langsung Sitorus dan undangan lainnya.
Usai pelantikan, Gubsu meninjau pembangunan SMA Unggulan di Silaban Lintongnihuta. Kehadiran Gubsu ke Humbahas disambut antusias masyarakat karena di sepanjang jalan mulai dari Paranginan-Lintongnihuta hingga ke Doloksanggul ribuan warga melambaikan tangan. Bahkan anak-anak sekolah berbaris di pinggir jalan sambil memegang bendera merah putih khusus untuk menyambut Gubsu dan rombongan. Siang harinya, Bupati Humbahas/Wakil Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi/Drs Marganti Manullang melaksanakan acara syukuran makan bersama di Bukit Inspirasi Doloksanggul plus hiburan.(T10/g)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s