Kadep Marturia HKBP Pdt Dr Binsar Nainggolan: Berjalanlah Secara Linear, Jangan Sirkuler


Dolok Sanggul (SIB)
Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt Dr Binsar Nainggolan mengatakan bahwa ada tiga jenis manusia kalau berbicara tentang “jalan” dan “kaki”. Pertama, orang yang berjalan di tempat. Kedua, orang yang berjalan secara sirkuler atau berkeliling. Dan ketiga, orang yang berjalan secara linear atau garis yang lurus. Orang yang berjalan di tempat takkan mengalami kemajuan. Kakinya memang bergerak tetapi hanya menghasilkan jalan di tempat tanpa sedikitpun perobahan. Orang yang berjalan secara sirkuler atau berkeliling juga dapat mengalami kemajuan sesaat namun kembali ke tempat semula. Sedangkan orang yang berjalan secara linear senantiasa mengalami kemajuan dan peningkatan karena yang bersangkutan berjalan dalam garis yang lurus sampai mencapai tujuan yang sudah digariskannya.
Pdt Dr Binsar Nainggolan mengatakan ini dalam khotbahnya pada ibadah syukuran usai pelantikan Bupati Humbang Hasundutan Drs Maddin Sihombing MSi dan wakilnya Drs Marganti Manullang di halaman Kantor Bupati Humbang Hasundutan di Dolok Sanggul Kamis (28/8). Ia mendasarkan khotbahnya pada nats Mazmur 119:105 yang berbunyi “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” Oleh sebab itu berjalanlah secara linear, mengikuti garis lurus yang sudah ditetapkan mencapai cita-cita, tandasnya. “Janganlah berjalan hanya di tempat saja tanpa mencapai kemajuan, serta jangan pula berjalan secara sirkuler di mana orang yang sempat mengalami kemajuan kembali kepada keterbelangan,” tegas Pendeta Nainggolan di hadapan ribuan masyarakat yang berdatangan dari 10 kecamatan di Kabupaten Humbang Habinsaran. Ia mencontohkan jalan secara linear dengan adanya seseorang yang sekolah mulai SD hingga perguruan tinggi, dan sesudah sarjana bekerja, namun cara berpikirnya kembali sebagai anak-anak yang suka merengek-rengek dan menguasai sesuatu yang bukan haknya.
Dalam kaitan ibadah syukuran pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, Pendeta Binsar Nainggolan mengharapkan supaya Drs Maddin Sihombing MSi dan Drs Marganti Manullang senantiasa memohon kekuatan dari Roh Kudus untuk mampu membawa masyarakat Humbang Habinsaran berjalan mengikuti sebuah jalan lurus secara linear hingga mencapai cita-cita masyarakat yang adil dan makmur. Kepada segenap masyarakat Humbang Hasundutan diserukan agar senantiasa mempergunakan organ kakinya untuk berjalan di jalan Tuhan mulai dari kehidupan sekarang di dunia hingga tiba di sorga kelak. Ia memuji kebersamaan Bupati Maddin Sihombing dan Wakil Bupati Marganti Manullang yang dilantik oleh Gubsu H. Syamsul Arifin Silaban SE pada pagi harinya itu dalam membina kekompakan mulai periode 2005-2010 dan keduakalinya untuk periode 2010-2015. “Dengan dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati kita untuk periode kedua pada hari ini adalah suatu pertanda mampunya mereka melangkahkan kakinya secara kompak untuk memimpin kabupaten ini serta membawa masyarakatnya dalam jalan yang benar,” tegas Doktor Nainggolan yang mengaku menantu dari Humbang.
Ibadah syukuran pelantikan yang dipimpin oleh liturgis Praeses HKBP Distrik Humbang Pdt Bonar H Nababan DPS tersebut dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dari Letjend (Purn) Dr TB Silalahi mewakili undangan, Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon mewakili para bupati di kabupaten-kabupaten tetangga, Dandim Taput Let Kol H Sianturi mewakili Muspida Humbang Hasundutan, Bangun Silaban SE selaku Ketua DPRD Humbang Hasundutan, TN Nainggolan mewakili tokoh Adat, seorang mewakili pemuda, dan mangampu dari Bupati Drs Maddin Sihombing. Turut juga hadir antara lain Lundu Panjaitan SH, Drs Gandhi Tambunan, Bupati Taput Torang Lumbantobing dan Bupati Tobasa Kasmin Simanjuntak. (R6/u)

One thought on “Kadep Marturia HKBP Pdt Dr Binsar Nainggolan: Berjalanlah Secara Linear, Jangan Sirkuler

  1. Selamat atas pelantikan kedua kalinya pasangan Bpk.St M.Sihombing dan M.Manullang sebagai humbahas 1 dan 2. Tapi sedih juga hatiku gereja yang ada di sekitar Bukit Inspirasi ini (yang di Pakkat Toruan boz) belum diberdayakan…yah maklumlah kami disitu. Namun jangan sampai periode kedua ini berakhir.Tolonglah pak Bupati nanggo apalai sebagai ganti ni obat sipamalum pusuk-pusuk ni ruas hurianta namarsitaonon di HKBP Ciketing Pondok Timur_Bekasi.Viva pak bupati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s