DPRDSU: Jalan Propinsi di Humbahas “Hancur”, Butuh Dana Perbaikan Rp21,6 M


Mobilitas Barang di 6 Ruas Jalan Propinsi Sering Terhambat, Kerap Terjadi Kecelakaan

Medan (SIB)
Kalangan DPRD Sumut menemukan sejumlah ruas jalan propinsi di Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan) sudah ‘hancur-hancuran”, mobilitas barang dari sejumlah kecamatan ke ibukota kabupaten sering terhambat, bahkan kerap terjadi kecelakaan lalu lintas, sehingga sangat mendesak untuk segera dilakukan perbaikan dengan menganggarkan dananya di APBD Sumut TA 2011 Rp21,6 miliar lebih.
Hal itu diungkapkan anggota DPRD Sumut Dapem (daerah pemilihan) VIII Wilayah Tapanuli Oloan Simbolon ST dan Sopar Siburian SH MH kepada wartawan, Jumat (3/9) di DPRD Sumut menanggapi adanya temuan 6 titik ruas Jalan Propinsi di Humbahas yang kondisinya sudah rusak parah.
“Setelah kita melihat jalan Propinsi di Kabupaten Humbahas yang sangat memprihatinkan, lembaga legislatif Dapem VIII wilayah Tapanuli mendesak Pempropsu untuk segera menganggarkan dana perbaikannya di APBD Sumut TA 2011 Rp21,6 miliar, sesuai dengan usulan Pemkab Humbahas,” ujar Oloan senada dengan Sopar Siburian.
Adapun jalan propinsi yang sudah sangat memprihatinkan, sehingga mobilitas barang sering terlambat dan kerap terjadi kecelakaan lalu lintas, ujar Oloan, masing-masing Jalan Onan Ganjang – Bonan Dolok Humbahas sepanjang 4 Km membutuhkan anggaran perbaikannya Rp3,8 miliar.
Begitu juga pengaspalan Jalan Pengungkitan – Pusuk Kecamatan Parlilitan sepanjang 4 Km, ujar Sopar, dibutuhkan anggaran Rp4 miliar, termasuk pengaspalan Jalan Siboron-boron – Bonandolok Kecamatan Sijama Polang (lanjutan hotmix) sepanjang 3 Km membutuhkan biaya Rp3 miliar lebih.
“Pengaspalan dan pelebaran jalan propinsi jurusan Bakkara – Muara Kecamatan Bakti Raja berbiaya Rp4 miliar, pengaspalan Jalan Pusuk – Parlilitan Kecamatan Parlilitan 4 Km berbiaya Rp4 miliar dan pengaspalan jalan propinsi jurusan Pargaulan – Bahal Imbalo 3 Kecamatan Lintong Ni Huta berbiaya Rp2,8 miliar,” ujar Oloan yang juga Ketua DPD PPD (Partai Persatuan Daerah) Sumut itu.
Ditambahkan Sopar yang juga politisi Partai Demokrat Sumut itu, Pemkab Humbahas senantiasa berupaya melakukan perbaikan, tapi dikarenakan keterbatasan dana yang ada di APBD Humbahas, sangat diharapkan perhatian serius dari Pempropsu agar menjadikan skala prioritas perbaikan sarana penghubung dimaksud dengan menganggarkannya di APBD Sumut TA 2011.
“Perbaikan jalan Propinsi di Humbahas ini harus menjadi skala prioritas oleh Pempropsu, sehingga kita anggota dewan Dapem VIII yang terdiri dari Budiman P Nadapdap SE, Palar Nainggolan SH, Biller Pasaribu, Rooslynda Marpaung, Aduhot Simamora akan berusaha semaksimal mungkin, agar dana perbaikan jalan itu ditampung di APBD Sumut TA 2011,” tegas Sopar senada dengan Oloan Simbolon. (M10/q)

One thought on “DPRDSU: Jalan Propinsi di Humbahas “Hancur”, Butuh Dana Perbaikan Rp21,6 M

  1. Saya bangga atas perjuangan para wakil rakyat Dapem VIII dalam memperjuangkan anggaran untuk pembangunan daerah kita. Serasa belum merdeka rasanya kalau melintasi jalur Humbahas – Tap. Tengah…

    Sebelumnya Terima kasih.
    Horas Tapanuli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s