Wings Air Akan Terbang Reguler dari Medan ke Silangit Awal Oktober


Diperkirakan 15 juta Perantau Asal Tapanuli di Jabodetabek Merupakan Potensi Besar

Medan (SIB)
Penerbangan regular Wings Air dari Medan tujuan Silangit akan dimulai awal Oktober 2010 menggunakan pesawat ATR72-500 berkapasitas 72 tempat duduk. Selanjutnya penerbangan langsung (direct) rute Silangit-Batam pulang pergi dipersiapkan untuk memperlancar transportasi penumpang maupun pengiriman komoditi pertanian dari kawasan dataran tinggi Toba ke Batam.
Selanjutnya program jangka panjang, Wings Air juga akan mengoperasikan penerbangan langsung (direct) Jakarta-Silangit untuk membuka potensi pasar yang sebenarnya sangat besar terutama kunjungan keluarga dari kawasan jabodetabek maupun kunjungan bisnis ke kawasan Tapanuli.
Untuk mendukung rencana itu diharapkan Pemda di kawasan Danau Toba utamanya Kabupaten Tobasa, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Kabupaten Samosir diharapkan membuat program yang konkrit sebagai bentuk dukungan kepada pengoperasian penerbangan reguler tersebut.
Hal itu disampaikan Direktur Umum PT Lion Air Edward Sirait saat menyampaikan presentasinya pada rapat kerja yang dihadiri perwakilan empat Pemkab di kawasan Danau Toba yang dilaksanakan di Hotel Grand Antares Medan, Jumat (2/9). Rapat kerja itu dihadiri antara lain Kadis Perhubungan Sumut Naruddin Dalimunthe, Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon, Kepala Bappeda Taput P Hutagalung mewakili Pemkab Taput dan beberapa Kadis Perhubungan dari Pemkab terkait serta Distrik Manager Lion Air Yuli Aspita.
Dalam presentasinya Edward Sirait menjelaskan, rencana rute Silangit-Batam sebaiknya disambut Pemda terkait dengan mendorong petani-petani terutama pengusaha agribisnis memanfaatkan keberadaan penerbangan itu mengangkut komoditi itu ke Batam seperti sayur mayur dan buah-buahan maupun ikan budidaya. “Kalau Wings Air beroperasi maka waktu tempuh dari Silangit ke Batam hanya 17 menit karena itu garis lurus. Bayangkan bagaimana warga perantau yang banyak bekerja di Batam maupun agrobisnis dari kawasan Tapanuli lebih cepat terangkut,” katanya.
Menurutnya, Wings Air yang merupakan anak usaha Lion air dipastikan akan memulai penerbangan dari Medan ke Silangit awal Oktober tahun ini dengan tahap awal 2 kali sehari. Selanjutnya penerbangan Batam-Silangit diperkirakan bisa dimulai tahun 2011 mendatang dan Jakarta-Silangit kemungkinan tahun 2012 mendatang.
Tapi itu semua lanjut dia tergantung dukungan penuh Pempropsu terutama Pemkab terkait dalam hal penyediaan infrastruktur dan sarana di antaranya yang paling utama kendaraan umum maupun taksi dari Bandara ke kota-kota terdekat maupun sebaliknya. “Jangan nanti warga dari Medan mencoba naik pesawat, tapi setelah sampai di Bandara Silangit dia bingung karena tidak ada angkutan dari Bandara itu. Saya selaku orang Batak menjamin Silangit maupun Sibolga dan Aek Godang akan dibuka seluas-luasnya diterbangi Wings Air dan kami tidak mengharapkan subsidi tapi dukungan sarana seperti itulah yang kita butuhkan,” katanya.
Selain itu yang lebih penting lagi lanjut dia adalah Pemda terkait melakukan promosi-promosi ke seluruh masyarakatnya masing-masing baik yang di daerah maupun yang ada di perantauan tentang adanya penerbangan langsung Silangit-Medan dengan pesaawat lebih besar. “Jadi saat peresmian pengoperasian nanti pun kita akan undang seluruh pengusaha, pejabat dan masyarakat yang bepergian dari Medan ke Silangit sehingga bisa merasakan langsung penerbangannya. Kita berharap jumlah penumpang bisa terpenuhi secara rutin sehingga akan ditambah lagi frekwensinya,” katanya.
Dalam rapat kerja itu juga terungkap peluang pasar yang sangat besar untuk meramaikan penerbangan ke Silangit baik dari Medan, Batam, Riau dan Jakarta. Soalnya disebutkan, jumlah warga Batak yang berasal dari kawasan Danau Toba di Jabodetabek saja saat ini mencapai 15 juta jiwa, belum termasuk Jawa Barat. Kemudian di Batam dan Riau pun banyak warga perantau asal Tapanuli yang menetap maupun sekedar pekerja,” katanya.
Pada rapat kerja itu perwakilan Pemkab terkait juga merancang bentuk kerjasama MoU (Memorandum of Understanding) yang akan ditandatangani dengan Wings Air sebagai bentuk keseriusan Pemkab untuk melakukan berbagai persiapan sebelum pengoperasian Medan-Silangit. (M-17/y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s