Tapanuli Utara Ditargetkan Swasembada Ikan Air Tawar pada 2012


TARUTUNG (EKSPOSnews): Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut diperkirakan pada 2012 sudah swasembada ikan air tawar, menyusul beroperasinya 21 UPR di daereah ini.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tapanuli Utara Tony Simangunsong mengatakan kepada Eksposnews Rabu 15 Sepetember 2010  daerah ini akan menghasilkan ikan air tawar dan mampu menutupi kebutuhan daerah ini.

Ke-21 UPR ini tersebar diseluruh Kabupaten Tapanuli Utara dan dikelola secara pribadi oleh perorangan dengan persyaratan utama telah didukung atau membentuk Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) sebagai konsumen yang akan membesarkan serta menjualnya ke pasar.

Masyarakat yang menginginkan kolamnya untuk dijadikan UPR namun setelah diteliti serta diestimasi kolamnya tidak layak dijadikan UPR karena tidak memiliki sumber air yang baik serta berfungsi sebagai kolam mina padi.

“Sampai saat ini Dinas Peternakan Taput telah memiliki 21 unit UPR (usaha pembenihan rakyat)  dan dari setiap UPR  diharapkan akan  mampu menghasilkan 6 juta benih ikan setiap tahunnya dengan umur dapat dipanen selama 3 sampai 4 bulan,“ ujarnya.

Selama ini Kabupaten Tapanuli Utara hanya mampu menghasilkan/memproduksi ikan air tawar yang terdiri dari ikan mujair dan ikan mas sebanyak 668,7 ton setiap tahunnya sedangkan kebutuhan mencapai 5.418,4 ton. Untuk menutupi kekurangan sebanyak  4.749,7 ton harus didatangkan dari daerah tetangga yakni Toba Samosir serta Siantar. Sedangkan bibitnya dari Medan dan bila UPR telah berproduksi maksimal maka tahun 2012 Taput akan swasembada ikan air tawar. (erwin)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s