Gali Informasi Sejarah Raja Sisingamangaraja, Pemko Subulussalam Aceh Berkunjung ke Humbahas


Doloksanggul (SIB)
Untuk memperdalam sejarah perjuangan Sultan Daulat Bin Sultan Bagindo Sambo teman karib Raja Sisingamangaraja waktu berjuang dulu, Pemko Subulussalam Aceh yang tergabung Tim Ekspedisi Observasi Situs Sejarah mengunjungi Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Rabu (15/9). Kunjungan itu diterima Wakil Bupati Humbahas Drs Marganti Manullang didampingi Asisten III Drs Usman Sihotang, Kabag SDA Ir Marco Panggabean MSi, Kabag Kesra Parsaoran Simanullang SPd, Kabag Humas diwakili Alfonsius Tinambunan SE. Tim Ekspedisi dari Pemko Subulussalam tersebut yaitu, Kadis Hutbun Ir Damhuri Bancin MM, Ketua ICMI DR Syahyuril, Kabag Humas Anharuddin, Kabid Kebudayaan Aswial SPd MPd, Wilda Koswara SSos (ICMI), Syafrial SE (pengusaha) dan Kabeakan SE (Wiraswasta)
Menurut Ir Damhuri Bancin MM, tujuan mereka ke Humbang Hasundutan untuk memperdalam sejarah perjuangan Sultan Daulat Bin Sultan Bagindo Sambo yang merupakan teman karib Raja Sisingamangara sewaktu berjuang melawan penjajah. “Kelengkapan referensi serta informasi kepahlawanan Sultan Daulat kami sangat harapkan untuk membuat satu buku perjuangan Sultan Daulat, disamping itu sebagai bahan seminar dalam rangka penyelenggaraan hari jadi Kota Subulussalam yang ke 48,” ujar Damhuri, seraya mengatakan bahwa mereka sangat berterima kasih atas penyambutan yang luar biasa dari Pemkab Humbang Hasundutan dan merupakan penghargaan tertinggi yang mereka dapatkan yang sebelumnya tidak disangka-sangka. Dikatakan, dalam narasi buku sejarah tentang Sultan Daulat Bin Sultan Bagindo Sambo banyak data yang terputus karena tidak pernah dibukukan dan belum ada museum tentang sejarah Sultan Daulat, yang ada hanya benda-benda peninggalan yang masih disimpan oleh keturunan Daulat.
Sementara Wakil Bupati Drs Marganti Manullang mengucapkan selamat datang ke Humbang Hasundutan serta apa yang akan didapatkan dapat tercapai dengan baik. “Semoga hubungan antara Pemko Subulussalam dengan Humbang Hasundutan akan semakin baik dan penuh persaudaraan, kiranya juga Tim Ekspedisi dapat menikmati kabupaten Humbang Hasundutan ini,” ujarnya.(T10/g)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s