Kadis Pertanian Humbahas Divonis 1 Tahun Penjara. Denda Rp 50 Juta di PN Tarutung


-Kontraktor Desman Simamora Divonis 1 Tahun

Tarutung (SIB)
Terbukti menyalahgunakan wewenang jabatan, Kadis Pertanian Kubupaten Humbang Hasundutan Ir Batahan Pangaribuan divonis 1 tahun penjara dan denda Rp 50 juta dalam sidang perkara korupsi terhadap pengadaan alat pertanian berupa traktor beserta perlengkapannya tahun 2008 di Pengadilan Negeri Tarutung, kemarin.
Sidang dipimpin Majelis Hakim yang terdiri dari Ketua Gosen Butarbutar SH, anggota Nuni Depari SH dan Cristo Sitorus SH dinyatakan terbuka untuk umum. Dalam putusan itu disebutkan Ir Batahan Pangaribuan yang waktu itu sebagai Kadis Pertanian Humbahas tahun 2008 telah terbukti menyalahgunakan wewenang jabatan sehingga merugikan uang negara terkait Pasal 3 UU No.31 tahun 2099 jo UU No.20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.
Dalam perkara tersebut, sebelumnya jaksa Penuntut Umum yang terdiri dari R Damanik SH dan R Ketaren SH menuntutnya 3 tahun penjara atas kesalahan dalam tender pengadaan traktor beserta perlengkapannya berupa 3 unit traktor besar, 3 unit rotevator dan 3 unit discplough sehingga merugikan uang negara Rp 573 juta.
Dalam sidang yang sama, Kontraktor Desman Simamora selaku Kontraktor dalam pengadaan alat pertanian itu juga divonis 1 tahun penjara dan denda Rp 50 juta.(M19)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s