Pembentukan Kabupaten Toba Utara 90 Persen Rampung


TARUTUNG (EKSPOSnews): Kabupaten Toba Samosir akan dimekarkan lagi menjadi Kabupaten Toba Utara.
 
Sekertaris Pemrakarsa pembentukan Kabupaten Toba Utara Nimrod Nababan kepada Eksposnews Kamis 30 September 2010 di Tarutung mengatakan, “Pembentukan Kabupaten Toba Utara sudah final dan semua persyaratan pembentukan kabupaten baru juga dipenuhi dan saat ini hanya menunggu proses final saja,” ujarnya.
 
Kabupaten Toba Utara akan dibentuk dengan 8 Kecamatan yakni Kecamatan Narumonda, Porsea, Parmaksian, Bonatualunasi, Lumban Julu, Ajibata, Pintu Pohan serta Kecamatan Uluan, yang terdiri dari 90 desa serta dusun. 
 
Dijelaskannya lagi, pendeklarasian Pembentukan Kabupaten Toba Utara telah dilakukan sekitar bula September 2009 dan pihak DPRD Sumatra Utara pada tanggal 9 sampai 11 Augustus 2010  juga telah meninjau secara langsung persyaratan kecamatan serta luas daerah dan mengatakan telah memenuhi persyaratan untuk pembentukan Kabupaten baru.
 
 
Sementara itu wakil Ketua Pembentukan Kabupaten Toba Utara cabang Tarutung, Bangun AM Butarbutar juga membenarkan dan menurutnya 80 dari 90 desa dari delapan kecamatan telah memberikan surat dukungan pembentukan kabupaten baru. Bukan hanya itu saja saat ini proses tinggal menunggu ketuk palu dari DPR-RI serta keputusan Mendagri.
 
Sesuai dengan kesepakatan panitia serta masyarakat pendukung direncanakan ibu kota Kabupaten Toba Utara akan dibuat di Porsea. (er)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s