Penerbangan Komersial ke Bandara Perintis Dioperasikan, Gubsu Minta Pemerintah Pusat Berikan Dana Lebih untuk Perbaikan Infrastuktur Jalan


Gubsu didampingi para tokoh warga Keluarga Besar Sriwijaya Sumut dan tokoh adat lainnya di Aula Martabe Kantor Gubernur, Minggu, (28/9) saat Silaturahim – HAlal Bihalal Syawal 1431 H Keluarga Besar Sriwijaya Sumut. (Foto: SIB/Oki Lenore)

Medan (SIB)
Dalam rangka mempercepat pembangunan wilayah Tapanuli, Gubsu H Syamsul Arifin SE minta Pemerintah Pusat memberikan dana lebih untuk mempercepat perbaikan infrastruktur jalan khususnya yang menjadi penghubung dari bandara perintis menyusul dioperasikan secara reguler penerbangan komersial. “Saya sudah mendesak Pemerintah Pusat. Minta Rp1 triliun, baru dikabulkan Rp600 miliar. Dana itulah yang dimaksimalkan,” tandas Syamsul Arifin usai menghadiri Silaturahim Keluarga Besar Sriwijaya Sumut di Aula Martabe Kantor Gubernur, Minggu, (26/9). “Saya tetap mengharapkan Pemerintah Pusat memberi dana maksimal yang dimaksudkan membenahi infrastruktur jalan,” tambahnya.
Harapan Gubsu itu dikemukakan menyusul terbangnya pesawat ATR 72-500, kapasitas 72 kursi dan dilengkapi dua baling-baling bermesin jet (propeller) ke Bandara Silangit per Oktober 2010. Perhitungannya, terbangnya pesawat lebih besar di daerah-daerah di Sumut otomatis pergerakan ekonomi ke arah positif, meningkat. “Kalau penerbangan sudah, infrastruktur jalan pun dibenahi, berarti makin maksimal arus lalu-lintas yang muaranya ekonomi rakyat makin cepat bergerak,” sebutnya.
Sebagaimana diketahui, Wings Air dengan Pemkab Taput, Tobasa, Samosir dan Humbahas, Jumat (24/9) di Kantor Gubsu menandatangani kerja sama perintisan penerbangan komersial dengan pesawat besar. Nota kerja sama tersebut diteken langsung Edward Sirait bersama Bupati Taput Torang Lumbantobing (Toluto), Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Wakil Bupati Humbahas Marganti Manulang, dan perwakilan Bupati Samosir disaksikan Sekdaprovsu DR RE Nainggolan MM Kepala Adban Bandara Silangit, Marthinus Hutasoit. Operasional penerbangan dari dan ke Bandara Silangit itu tanpa subsidi.
Gubsu berharap, operator penerbangan pun berpikir sosial dalam menyelenggarakan penerbangan perintis. “Murah sedikit kan tidak apa-apa asal penumpang penuh. Saya juga berharap Pemkab setempat memaksimalkannya agar terjadi simbiosis mutualisme,” tandasnya.
Silaturahim Keluarga Besar Sriwijaya Sumut
Mengenai Silaturahim Keluarga Besar Sriwijaya Sumut yang dihadiri lebih seribu orang warga berasal dari Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung itu, Gubsu mengatakan bahwa warga Sriwijaya Sumut adalah bagian yang tak terpisahkan dari Sumut. “Konsep Melayu Raya itu kan dari Aceh hingga Madagaskar. Kebetulan saya Ketua Umum Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia yang didalamnya juga adalah warga di seluruh Indonesia. Sekarang kita sama-sama membangun Sumut,” ajak Gubsu di sambutannya.
Silaturahim Keluarga Besar Sriwijaya Sumut yang dihibur pedangdut sohor Ona Sutra dan dua generasinya itu dihadiri para tokoh sohor di Sumut seperti Prof Dr HM Fauzie Sahil SPOG yang juga Ketua Yayasan Sriwijaya Sumut, Subianto Rusid, HM Yunus SE, H Sutrisno, Ir H Sufrin Bakri, Danyon Kav 6/Serbu Letkol Kav Obersyl, Kapt H Inf Yamin Sohar, Kapt Inf Edy Wijaya serta para tokoh dan pimpinan organisasi budaya yang ada di Sumut termasuk tokoh adat Richard Eddy M Lingga yang anggota DPRD Sumut.
Ketua umum kegiatan Ir H Juta Udin MBA di laporannya mengatakan kegiatan rutin tersebut diadakan tak semata silaturahim tapi rembugan untuk menentukan langkah maksimal dalam ikut membangun Sumut. “Serta mendukung kepemimpinan Syamsul Arifin yang bagian tak terpisahkan dari Keluarga Sriwijaya Sumut,” tandasnya didampingi sekretaris Erwan Bakri. (r10/x)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s