Bupati Humbahas Harapkan Penerbangan Wing’s Air Dapat Mendongkrak Multi Sektor Perekonomian di Tapanuli


FOTO BERSAMA: Bupati Humbang Hasundutan Drs Maddin Sihombing MSi bersama tokoh-tokoh masyarakat Humbahas, foto bersama dekat Pesawat Wing’s Air saat acara Lounching Penerbangan Bandara Silangit-Polonia Medan, Jumat (8/10) di Bandara Silangit Taput.

Doloksanggul (SIB)
Beroperasinya pesawat Wing’s Air dengan rute penerbangan Bandara Silangit Taput- Polonia Medan diharapkan dapat mendongkrak kegiatan berbagai sektor perekonomian di kawasan Tapanuli secara khusus di empat Kabupaten yakni Humbahas, Taput, Tobasa dan Samosir.
Demikian disampaikan Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Drs Maddin Sihombing MSi saat ditanya wartawan pada acara Lounching Penerbangan Perdana Pesawat Wing’s Air di Badara Silangit Tapanuli Utara, Jumat (8/10) yang dihadiri juga tokoh-tokoh masyarakat dari Humbahas antara lain TN Nainggolan dan sejumlah Pimpinan SKPD Humbahas dan Ketua DPRD.
Dikatakan, perkembangan tansportasi sangat berdampak positif terhadap berbagai sektor atau multi efek seperti terhadap sektor pariwisata, pertanian, perdagangan dan lapangan pekerjaan. “Selama ini sektor pariwisata kita salah satunya kawasan Danau Toba kurang berkembang karena kurang lengkapnya sarana pendukung seperti sarana transportasi udara, sehingga pengunjung dari manca negara relatif sedikit,” katanya.
Demikian juga dengan sektor perdagangan dan pertanian. Yang mana selama ini minat orang luar terhadap hasil-hasil pertanian di Humbahas cukup tinggi. Namun karena dengan jarak tempuh yang memakan waktu lama, sehingga para peminat atau pebisnis terkendala.
Untuk itu, dengan kehadiran Pesawat Wing’s Air ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan dan disambut gembira seluruh masyarakat di kawasan Danau Toba. “Kita harapkan ke depan, penerbangan ini semakin diperluas. Misalnya Batam-Silangit- Jakarta atau ke daerah-daerah lainnya termasuk ke luar negeri,” harapnya.
Maddin Sihombing menyebutkan, daerah Humbang Hasundutan memiliki objek-objek wisata yang cukup indah dan tidak kalah dengan objek-objek wisata yang ada di daerah lainnya. Saat ini objek-objek wisata itu terus ditata untuk menjadi salah satu sektor yang dapat diandalkan. Selain itu, sektor pertanian juga berkembang pesat. Sehingga dengan bertambahnya sarana transportasi udara ini sejumlah sektor tersebut semakin berkembang yang muaranya kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.
“Kita patut bersyukur, karena kebersamaan empat kabupaten untuk mengembangkan sarana transportasi udara telah membuahkan hasil dengan masuknya pesawat Wing’s Air ini. Dampaknya bukan ke daerah ini saja tetapi juga ke kabupaten-kabupaten kawasan Tapanuli lainnya,” jelasnya. (M19/n)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s