Wings Air Jamin Keberangkatan Penumpang dari Silangit ke Berbagai Kota di Indonesia



ULOSI: Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon “ulosi” Pilot Wings Air rute Silangit-Polonia Capt. Feri Novara dalam acara peluncuran penerbangan reguler perdana Wings Air rute Silangit-Polonia, Jumat (8/10) di Bandara Silangit.

* Anggota DPR RI Anton Sihombing Himbau Perantau Investasi di Bona Pasogit
* Bupati Samosir Dukung Wings Air dan Yakin Wisatawan Maningkat ke Danau Toba

Silangit, Tapanuli (SIB)
Direktur Wings Air Edwart Sirait mengemukakan pihaknya menjamin keberangkatan penumpang dari Bandara Silangit ke berbagai kota (baca: Bandara) di Indonesia walau Wings Air baru membuka rute penerbangan regular Silangit-Polonia.
“Wings air punya komitmen menjamin keberangkatan penumpang dari Silangit ke kota-kota lain. Jika penerbangan di Bandara transit terganggu, maka Wings Air menanggung biaya makan bahkan penginapan penumpang sebelum diberangkatkan,” sebut Edwart Sirait dalam perbincangannya dengan wartawan SIB usai peluncuran penerbangan regular perdana Wings Air dari Bandara Silangit-Polonia, Jumat (8/10).
Menurutnya, komitmen tersebut sebagai bukti keseriusan Wings Air dalam membuka rute penerbangan regular Silangit-Polonia dan sebaliknya. Penerbangan itu sendiri dilakukan setelah melihat peluang penumpang ke Silangit meliputi empat (4) kabupaten di kawasan Danau Toba yakni Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir dan Samosir dalam kunjungan keluarga, wisata dan bisnis.
“Ada sekira 1 juta penduduk daerah ini. Potensi ini sudah cukup menjamin kontinunitas penumpang. Ditambah sekira 15 juta orang Batak di Jabodetabek dan kota-kota lainnya di Indonesia yang mempunyai sejarah dengan Bona Pasogit. Jadi kami tidak takut dari jumlah penumpang,” ujarnya sembari mengharapkan adanya perubahan pola pikir dari masyarakat Bona Pasogit dalam memilih moda angkutan.
Edwart Sirait mengakui pasti agak sulit merubah pemikiran Rp 50 ribu ke Medan melalui darat ke Rp 400 ribu dengan pesawat. “Tapi dari segi manfaat akan jauh berbeda. Nanti setelah cara berpikir seperti semakin tumbuh, tentunya jumlah penumpang pesawat bertambah banyak. Begitu juga jumlah kunjungan dari kota lain ke Silangit. Maka rute baru pasti dibuka seperti Silangit-Jakarta dan Silangit-Batam,” sebutnya.
Bahkan kata Edwart, bukan hanya penerbangan regular penumpang yang dapat mendorong pembukaan rute baru dari Silangit ke Bandara lainnya. Tetapi potensi yang dimiliki daerah ini juga memberi peluang yakni untuk penerbangan cargo.
HIMBAU PERANTAU INVESTASI
Kesediaan Wings Air melakukan penerbangan regular rute Silangit-Polonia dan sebaliknya disambut positif dari Anggota DPR RI Capt Anton Sihombing yang turut langsung dalam penerbangan regular perdana Wings Air Silangit-Medan. Anton berpendapat bahwa Wings Air telah membuka akses Bona Pasogit ke berbagai kota di Indonesia. Maka hal ini akan menumbuhkan kembangkan dunia bisnis dan para pemodal tidak lagi kesulitan dalam soal transportasi ke daerah ini.
“Karenanya orang-orang Batak yang merantau di kota-kota lain Indonesia kita harapkan segera melakukan investasi di Bona Pasogit ini. Banyak peluang bisnis yang dapat dibuka sesuai potensi yang dimiliki daerah ini salah satunya sektor pertanian,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon kepada SIB mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir sangat mendukung penerbangan regular dengan rute Silangit-Medan yang dilakukan Wings Air. Pihaknya telah membantu Wings Air dengan melakukan promosi kepada masyarakat di kabupaten tersebut seputar penerbangan regular yang telah dilakukan Wings Air dengan rute Silangit-Medan yang juga dapat dilanjutkan ke kota-kota lainnya di Indonesia melalui transit di Bandara Polonia.
Ir Mangindar Simbolon yang saat itu didampingi Kadis Pariwisata Samosir Drs Melani Butarbutar sangat yakin bahwa dengan penerbangan regular yang telah dilakukan Wings Air dengan rute Silangit-Polonia akan membantu peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Samosir bahkan kawasan Danau Toba.
Sebagai bentuk dukungan lainnya atas penerbangan Wings Air rute Silangit-Polonia dan menyambut kedatangan wisatawan yang bahkan semakin banyak, maka Pemkab Samosir sebut Mangindar telah mulai membenahi berbagai infrastruktur pendukungan dunia pariwisata. Salah satunya gebrakan yang berhubungan langsung yakni pembukaan rute baru transportasi air Danau Toba yakni Nainggolan (Kabupaten Samosir)-Muara (Kabupaten Taput) dengan mengoperasikan KMP Sumut II. (Saat ini dermaga Nainggolan masih dalam pengerjaan, maka untuk sementara KMP Sumut II dioperasikan melayani pelayaran Simanindo (Samosir)-Tiga Ras (Simalungun) bersama KMP Sumut I yang akan beroperasi secara permanen untuk rute tersebut.
Perlu diketahui bahwa Muara merupakan daerah tujuan wisata di Tapanuli Utara degan panorama Hutaginjang dan lokasi olah raga Gantolle yang baru-baru ini dijadikan sebagai tempat pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gantolle Pertama (I) di Indonesia. Dermaga Muara merupakan dermaga di Danau Toba yang terdekat dengan Bandara Silangit Siborongborong.
Pada kesempatan berbeda, Kepala Bandara Silangit Martinus Hutasoit SE mengatakan, pihaknya akan terus berbenah memperlengkapi fasilitas Bandara menunjang penerbangan pesawat-pesawat berbadan besar menerbangi rute-rute lain seperti Silangit-Jakarta dan Silangit-Batam.
Pihak Bandara juga akan terus menjalin kerjasama dengan empat (4) pemerintah kabupaten yakni Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir dan Toba Samosir alam mewujudkan penerbangan rute-rute lainnya seperti kerjasama yang telah berhasil mendatangkan Wings Air melakukan penerbangan Silangit-Polonia-Jakarta dengan transit di Polonia Medan. (PR3/f)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s