2010 Sumut Akan Swasembada Beras 223.000 Ton


Medan (SIB)
Kepala Dinas Pertanian Sumut Ir M Roem mengatakan,produksi gabah di Sumut tahun 2010 berdasarkan ARAM(Angka Ramalan) III tahun ini mencapai 3.586.862 ton GKG(Gabah Kering Giling) atau 2.040.924 ton beras,meningkat 3,89 persen dibanding ATAP(Angka Tetap) tahun 2009 sebesar 3.527.899 ton GKG.
“Jadi dengan begitu,maka Propinsi Sumut tahun ini swasembada beras sebesar 233 ribu ton,ujar Kadis melalui Kasi Statistik Ir Lusyantini kepada SIB, Selasa siang (9/11).
Lusy mengatakan, secara absolutnya produksi beras pada ARAM III 2010 sebesar 47,70 persen meningkat dibanding dengan ATAP 2009 sebesar 45,91 persen.
Menurutnya, meningkatnya produksi beras tahun ini,disebabkan adanya bantuan benih dalam bentuk BLBU (Bantuan Langsung Benih Unggul) kepada para petani untuk areal lahan tanam seluas 122.000 hektar. Kemudian adanya bantuan langsung pupuk sebanyak 67.000 ton yang tahun lalu bantuan hanya 37.000 ton.
“Jadi dengan adanya bantuan ini produksi tanam meningkat tiga kali lipat,ujarnya.
Diakuinya, luas panen tahun ini menurun, namun produktivitas gabah meningkat.Penurunan luas panen itu dipicu adanya kemarau yang sempat terjadi pada awal tahun ini di sejumlah kabupaten/kota terutama di areal Pantai Barat menyebabkan realisasi areal tanam rendah.Kemudian adanya alih fungsi lahan sekitar 4 persen yakni pada lahan sawah yang tidak berpengairan.
Gunung Sinabung
Ketika ditanya apakah musibah Gunung Sinabung berpengaruh pada produktivitas produksi beras di Sumut,kata Lusi, tidak,sebab kawasan tersebut di areal 6 kecamatan di 13 desa bukan merupakan centra produksi padi. Tapi holtikultura. Laginya tanaman padi di sana masih bisa dipanen, meskipun sempat terkena debu, setelah datang hujan.
Swasembada
Ketika ditanya SIB kabupaten di Sumut yang swasembada beras sekaligus daerah sentra beras, Lusi menyebutkan, Simalungun, Langkat, Deli Serdang dan Serdang Bedagai. Masing-masing kabupaten ini kelebihan berasnya di atas 5 persen.
Dia menyebutkan, kabupaten yang berhasil meningkatkan produktivitasnya di atas 5 persen mendapat penghargaan dari pemerintah.Penghargaan pernah diraih Sumut yakni tahun 2009 dan 2007,sedangkan yang mendapat penghargaan yakni Simalungun, Humbang Hasundutan, Karo, Batubara, Asahan, Padang Sidempuan dan Labuhan Batu. (M8/g)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s