Penerimaan CPNS 2010 di Humbang Hasundutan Sarat Permainan Uang


DOLOKSANGGUL (EKSPOSnews): Sejumlah kalangan menduga penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Humbang Hasunsutan (Humbahas), Sumut sarat dengan permainan uang.

Bagi CPNS yang melamar tingkat sarjana disebut-sebut harus merogoh kocek ratusan juta rupiah kalau mau mengantongi nomor induk pegawai (NIP).

“Adanya indikasi bahwa penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2010 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) berbau permainan uang.”       

Sekretaris Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Humbang Hasundutan (Humbahas), Chandra Mahulae kepada Eksposnews, Senin 22 November 2010 mengatakan, meminta agar penerimaan CPNS 2010 bersih dari KKN. Dikatakannya, sesuai hasil rapat kerja Komisi A dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Humbahas beberapa yang lalu, diharapkan Pemkab Humbahas dapat kerja sama dengan Universitas yang lebih profesional dalam pembuatan soal CPNS.

Menurut dia, Pemkab Humbahas jangan ragu mengambil keputusan. “Bekerjasama dengan universitas terkemuka, salah satu upaya untuk menghindari permainan yang,” tuturnya.

Lantas, Chandra juga menyoroti, mengenai penempatan CPNS yang menang. Ada laporan ataupun isu yang beredar bahwa penempatan CPNS 2009 lalu, tuturnya, sarat dengan kekeluargaan. “DPRD meminta jangan sampai terulang kembali permainan kotor seperti itu,” tuturnya.

 Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Tony Sihombing kepada Eksposnews di ruang kerjanya mengatakan, pembukaan lowongan CPNS 2010 di lingkungan Pemkab Humbahas ini bersih dari KKN. Menurut dia, didasarkan pada ketika selesai ujian, para peserta yang menang maupun yang kalah tetap akan diumumkan hasilnya.

 Akan tetapi, lanjutnya, untuk sementara Pemkab Humbahas belum memilih universitas mana yang diajak bekerjasama untuk pembuatan soal CPNS. Hanya saja, papar dia, universitas yang menjadi acuan USU dan Universitas Harapan. Sementara, lanjutnya, dana anggaran yang dialokasikan dalam penerimaan CPNS 2010 ini, Pemkab Humbahas mengalokasikan sebesar Rp 500 juta.(gs)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s