10 Rumah Warga di Sibolga Musnah Terbakar


SIBOLGA(EKSPOSnews): Sebanyak 10 unit rumah warga yang berada di Jalan R Suprapto atau tepatnya di depan Markas Komando Resort Militer (Makorem) 023/KS Kota Sibolga Minggu 4 September dini hari kemarin ludes terbakar.
Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu,namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Sebab selain bangunan rumah,banyak barang – barang usaha yang hangus terbakar seperti mesin foto kopi. Menurut informasi yang dihimpun dilokasi, peristiwa kebakaran itu berlangsung sangat cepat dan diperkirakan hanya dalam hitungan waktu satu jam, api telah membakar 10 unit bangunan rumah. 
Untung saja, lokasi kebakaran dibatasi oleh bangunan gedung eks Bioskop Tagor karena terbuat dari beton dan adanya tembok Stadion Horas. “Jika tidak, bisa lebih banyak rumah warga yang terbakar,” ujar warga setempat R.Butar – Butar,31. Peristiwa ini sendiri pertama kali diketahui oleh salah seorang penarik becak.Ketika itu, dia melihat api disertai asap dari salah satu bangunan rumah yang terbakar.
Lalu penarik becak tersebut menghentikan becaknya dan berlari menuju pintu rumah salah seorang warga dan mengedor – gedornya. “Kemudian para warga yang mendiami rumah itu berlarian keluar dan menyelamatkan keluarga serta barang – barang yang bisa diselamatkan,” tuturnya. Herman Zai alias Bapa Nince, salah seorang korban yang ditanya SINDO yang terlihat sedih mengaku, tidak mengetahui asal muasal api sebab begitu cepat membakar seluruh bangunan atau rumah – rumah warga.
“Kami tidak tahu pasti dari mana asal api maupun penyebab kebakaran.Akibatnya, kamipun tidak dapat menyelematkan lebih banyak lagi barang – barang kami,”tukasnya. Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Sibolga Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Joas Feriko Panjaitan melalui Kasat Reskrim Ajun Komisaris Polisi (AKP) Agus Pristiono saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu.

“Sumber api penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Sementara kerugian akibat kebakaran itu diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah,”tandasnya. Untuk memadamkan api, Pemko Sibolga menerjunkan sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran ditambah satu unit mobil PDAM Tirta Nauli Sibolga.(si)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s