PSMS Gagal Petik Poin Penuh di Balikpapan


BALIKPAPAN (EKSPOSNews): PSMS Medan gagal memetik poin penuh saat bertandang ke markas Persiba Balikpapan, Jumat (4/5) kemarin. Tim Ayam Kinantan keok dengan skor 1-3 dalam lanjutan kompetisi Liga Super Indonesia (ISL).

Kekalahan tidak mengubah posisi PSMS Medan di peringkat 13 klasemen dengan nilai 25 dari 23 laga yang telah dilalui. Sementara Persiba Balikpapan berhasil mengejar ketertinggalan untuk membalikkan keadaan menjadi kemenangan.

Tambahan tiga angka membawa Persiba menembus peringkat empat klasemen usai mengumpulkan 36 poin dari 22 pertandingan. Tim Beruang Madu menggeser Persija Jakarta dengan keunggulan satu angka.

Jalannya Pertandingan

Bermain di hadapan pendukungnya, Persiba mengawali pertandingan dengan lamban. Situasi ini dimanfaatkan PSMS untuk melakukan tekanan lebih dulu ke pertahanan tuan rumah.

Permainan agresif PSMS memaksa barisan pertahanan Persiba harus bekerja keras menghalau bola dari kotak penalti mereka. Di lain sisi, penyelesaian akhir tidak sempurna membuat peluang yang diperoleh PSMS tak berhasil dikonversi menjadi gol.

Upaya PSMS untuk unggul lebih dulu akhirnya terwujud pada menit ke-19. Kiper I Made Wirawan terkecoh oleh pergerakan Osas Saha yang disangka bakal menanduk bola tendangan bebas Nasthja Ceh. Akibatnya, bola dengan mulus meluncur ke dalam gawangnya.

Kecolongan gol PSMS membuat Persiba tersentak. Mereka meningkatkan irama permainan untuk mengejar ketertinggalan. Kendati demikian, tidak mudah bagi Persiba menembus sektor belakang PSMS.

Permainan menyerang Persiba ini nyaris membuat PSMS menggandakan keunggulan pada menit ke-34. Peluang emas didapat Osas Saha yang hanya berhadapan dengan I Made Wirawan. Tapi karena tidak mewaspadai kejaran Dwi Joko, Osas gagal membobol gawang Persiba, karena Dwi berhasil menghalau bola dari penguasaan striker tim Ayam Kinantan itu.

Persiba akhirnya bisa menyamakan kedudukan melalui gol Matsunaga Shohei selang dua menit kemudian. Menyambut umpan Supriyadi, Matsunaga melepaskan tendangan first-time. Bola membentur badan Rahmad, sehingga berbelok arah yang membuat Eddy Kurnia mati langkah.

Publik di Stadion Persiba bersorak kegirangan ketika Kenji Adachihara berhasil membalikkan keadaan menjelang babak pertama usai setelah menerima umpan Ahmad Sembiring.

Di babak kedua, Persiba langsung menggebrak pertahanan PSMS. Hasilnya, tuan rumah memperbesar keunggulan di menit ke-49. Menyambut umpan panjang dari tengah, Aldo Barreto memberikan umpan dengan dadanya yang langsung disambar Kenji.

Sukses memperbesar keunggulan membuat Persiba makin gencar melakukan tekanan ke pertahanan PSMS. Peluang diperoleh Tomislav Labudavic, Adachihara, dan Barreto, tapi tak satupun yang membuahkan gol.

PSMS nyaris memperkecil kekelahan menjelang pertandingan berakhir. Tapi Novi Handriawan yang tak terkawal saat menerima umpan Osas Saha gagal menuntaskannya dengan baik. Bola tendangannya di dalam kotak penalti melambung di atas mistar gawang. Pertandingan pun di tutup dengan skor 3-1. (goal)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s