Akui Salah, Gatot Kecewakan Pemkab Humbahas


Sumutdaily.com|Medan. Permasalahan penetapan terbaik I penyelenggaraan pemerintah daerah (pemda) se-Sumut antara Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dan Serdang Bedagai (Sergai) berakhir. Pada kesempatan yang ada, Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho menganulir sendiri keputusannya yang sebelumnya menetapkan Humbahas di peringkat I. Akhirnya, Gatot merevisi keputusannya dan menetapkan Sergai di peringkat I, sedangkan Humbahas harus rela menjadi terbaik II. “Peringkat pertama penyelenggaraan pemerintahan daerah terbaik di Sumut adalah Sergai,” ujar Gatot, di Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Medan, Jumat (4/5).

Sebelumnya, Gatot menetapkan Humbahas terbaik I dan Sergai terbaik II. Namun setelah dihubungkan dengan penilaian Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menyebut Sergai lebih baik ketimbang Humbahas, akhirnya Gatot menunda pengumuman penetapan pemda terbaik, pada Senin (30/4).

Menurut Gatot, penetapan tersebut telah melalui pembicaraan dengan Kemendagri. “Kemarin saya dengan Sekdapropsu, Asisten Pemerintahan dan Inspektorat bertemu dengan tim penilai Kemendagri berdiskusi dan mengklarifikasi hasil penilaian. Dari hasil pertemuan itu, Sergailah terbaik I dan hari ini kemudian kita tetapkan,” jelas Gatot.

Artinya, lanjut Gatot, keputusan yang sebelumnya menetapkan Humbahas terbaik I dibatalkan. Gatot mengatakan pasti ada kekecewaan Kabupaten Humbahas. “Itu pasti ada, adalah sesuatu yang wajar. Anda mungkin sudah membaca berita di Kompas tentang kekecewaan Humbahas,” sebutnya. Gatot akui adanya kesalahan dalam proses pemeringkatan itu. Ia pun menjelaskannya kepada wartawan, namun bukan untuk dipublikasikan. “Ini off the record ya,” pintanya.

Gatot juga mengumumkan daftar 10 daerah penyelenggara pemda terbaik dari 25 yang dinilai, yakni Sergai, Humbahas, Dairi, Tapanuli Utara, Medan, Samosir, Tanjung Balai, Labuhan Batu dan Pakpak Bharat. Sedangkan peringkat empat terbawah adalah Karo, Tebingtinggi, Simalungun dan Nias Selatan. (MB/Yukarimato)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s