Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon MSc Daftar ke Demokrat


http://www.analisadaily.com

Medan, (Analisa). Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon MSc mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Sumut ke DPD Partai Demokrat Sumatera Utara, Jumat (1/5) sore. Saat menyerahkan berkas pendaftaran, mantan Wakasad itu didampingi istri, Elisabeth Ratnasari Br Sagala.

Pendaftaran Cornel Simbolon diterima anggota Tim 9 DPD Partai Demokrat, Meilizar Latif dan sejumlah pengurus lainnya Borkat Hasibuan, Robert Limbong dan Mindo Siagian.Cornel mengaku optimis bisa mendapatkan perahu Demokrat untuk maju sebagai Cagubsu periode 2013-2018. Soalnya, dia salah seorang kader Demokrat. Saat ini sebagai Ketua Departemen Politik dan Keamanan DPP Partai Demokrat.Dia mengaku turun gunung untuk maju, karena ingin mengembalikan kondisi Sumatera Utara sebagai barometer pembangunan di Indonesia. “Dulu, Sumut ini banyak memberikan kontribusi kepada negara baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Tapi sekarang, Sumut sudah tertinggal dalam berbagai sisi,” ucapnya.

Ayah Lettu Inf Ronald Sindar Simbolon dan Fransisco Raya Bungaran Simbolon memberikan contoh kecil, soal ketertinggalan infrastruktur. “Seperti Bandara Kuala Namu. Tahun 2004 mulai, katanya siap 2010. Tapi, buktinya sampai sekarang tidak siap. Belum lagi infrastruktur lainnya. Sekarang, jalan menuju Danau Toba tidak bisa hanya empat jam. Padahal infrastruktur itu berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Integritas Sumut

Secara umum, lanjut prajurit yang sudah 35 tahun mengabdikan diri kepada negara ini, dia berkeinginan mengembalikan integritas Sumut di mata nasional. “Saya tidak mau maju, kalau Demokrat meminta uang untuk pencalonan. Karena kita harus memperbaiki sistem politik transaksional yang sudah berlaku selama ini. Kalau konsep saya bisa diterima, saya maju,” ucapnya.

Itulah sebabnya, dia hanya mau dicalonkan sebagai Calon Gubsu. “Kalau nomor dua, saya tidak mau,” ucapnya. Soal siapa bakal wakil, menurut pria yang hobi renang dan jogging ini, pendampingnya akan diambil dari sipil. “Sumut ini beragam. Kalau saya TNI, wakilnya tentu dari sipil. Kayaknya orang partai. Ada dari internal (Demokrat) ada dari eksternal,” jelasnya.

Elisabeth Ratnasari Br Sagala menambahkan, suaminya sudah lama merencanakan akan maju sebagai calon Gubsu. “Sebagai putra daerah, dia ingin mengabdikan diri setelah puluhan tahun sebagai prajurit,” ucapnya.

Sebagai istri, katanya, dia akan mendukung penuh sikap suaminya tersebut. Begitupun, dia sepenuhnya menyerahkan rencana suaminya itu kepada Tuhan. “Sebagai istri saya mendukung penuh. Dia ingin membuat Sumut ini menjadi lebih baik lagi,” tutur Elisabeth.

Meiliza Latif, anggota Tim 9 DPD Demokrat Sumut menyebutkan, saat ini baru dua balon yang mendaftar. “Pertama Pak Sutan Batoegana dan Pak Cornel Simbolon. Berkasnya, akan diproses. Pendaftaran terus dibuka dan belum dipastikan kapan pendaftaran balon ditutup,” jelasnya.(nai)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s