Pakkat, Bukan Hanya Sebagai Nama Daerah


pakkat

Rotan memang identik dengan bahan dasar furniture seperti kursi dan meja. Namun tidak bagi warga kota Medan. Rupanya setelah diolah menggunakan cara khusus, rotan tersebut dapat menjadi sajian paling digemari untuk berbuka puasa. Namun tentu saja rotan yang dikonsumsi adalah rotan muda atau yang biasa disebut Pakkat.

Makanan unik yang satu ini pasalnya hanya bisa Kita jumpai saat bulan Ramadhan, tidak heran jika para wisatawan pun ikut heboh memburu jajanan tersebut karena penasaran. Sebelum dihidangkan Pakkat biasanya dibakar setengah matang agar pucuk rotannya melembek dan mudah dikonsumsi. Pakkat yang sudah dibakar tersebut kemudian dikupas dan diambil bagian dalamnya. Selain disantap langsung rupanya Pakkat juga bisa diolah sebagai gulai atau dihidangkan dengan santan khas Tapanuli Selatan.

Disamping rasanya yang enak, Pakkat dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya kencing manis, maag dan malaria, selain itu Pakkat juga dapat membangkitkan nafsu makan.

Untuk bisa menikmati makanan khas dan kaya manfaat ini pembeli hanya perlu menyiapkan uang sekitar 7.000 hingga 10.000 rupiah saja, dan dapat mudah dijumpai pada pinggir-pinggir jalan kawasan Letda Sujono. [KM-01]

 

Oleh : Lars Purba

Sumber : http://kabarmedan.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s