Sampuran Sipulak – Humbang Hasundutan


AT Pollung-2

 

Air Terjun Sipulak atau Sampuran Sipulak memiliki ketinggian sekitar 70 m, debit air 5 meter kubik per detik dan lebar air terjun 3 meter.  Air terjun ini berasal dari aliran Sungai Sipulak yang berhulu ke Gunung Pinapan.

Kawasan air terjun ini berada Ngarai Sipulak atau Lembah Sipulak dan kondisinya masih alami dan belum dikembangkan menjadi obyek wisata.

Lokasi
Air Terjun dengan ketinggian jatuh tertinggi adalah Aek Sipang dengan ketinggian 125 meter,Sipultak 75 meter,Sisira 75 meter,Simarhilang 50 meter,dll.Keempat air terjun ini berada di satu desa yakni desa Sijarango (Janjimatogu) kecamatan Pakkat.

Terletak di selatan kota Pakkat, tepatnya di Desa Pakkat Hauagong, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Propinsi Sumatera Utara.

 

Sumber :
http://www.pakkatnews.com/air-terjun-sipulak-wisata-alam-yang-sedang-tidur.html

One thought on “Sampuran Sipulak – Humbang Hasundutan

  1. Sampuran (Air Terjun) bisa sebagai object wisata dan juga bisa sebagai sumber tenaga listrik, Sampuran /Air Terjun Sipulak kalau tidak salah sedang dikerjakan untuk pembangkit tenaga listrik untuk daerah Pakkat, selain Sampuran/air terjun ada terdengar kandungan tambang di Dolok/Gunung Pinapan di atas Huta Ginjang/Sipagabu dan Kandungan Minyak juga ada terdengar di Tukka Ambobi. Hal ini bisa juga disurvey dengan alat modern kebenaran bahan tambang tersebut.

    Untuk Wisata juga dulu dilakukan muda-mudi ke Gunung Aek Nabara di Tukka Ambobi dan sekarang ini sudah jarang dilakukan orang, Juga Napaktilas ke Parlilitan disana ada tempat perjuangan Sisingamangaraja.

    Mungkin masih banyak potensi alam yang perlu diperlihatkan di Wilayah Papatar /Humbang hasundutan karena kurangnya perhatian akhirnya terlupakan. Padahal bisa hal itu menjadi mendatangkan pendapatan daerah.

    Horas, terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s